Penyebab wanita cepat gemuk


Mengapa Wanita lebih cepat gemuk ???? mungkin ini menjadi pertanyaan bagi kita apalagi kaum wanita yang selalu memperhatikan penampilannya. Pengonsumsi program diet terbesar adalah kaum wanita. Sebenarnya ada enzim terkait yang membuat wanita lebih cepat gemuk. Enzim tersebut bernama Aldh1a1 dan berperan penting dalam produksi lemak. Setelah memasuki menopause, kadar enzim ini pada wanita meningkat.



Enzim ini juga ditemukan pada hewan, seperti tikus misalnya. Menukil dari situs Live Science, disebutkan telah dilakukan sebuah percobaan oleh ilmuwan yang mengamati bahwa tikus betina yang makan makanan kaya lemak lebih aktif enzim Aldh1a1-nya. Hal ini membuat timbunan lemak di sekitar perut (lemak visceral) lebih banyak.

Dibanding tikus jantan, aktivitas enzim ini tidak setinggi pada tikus betina. Laporan yang dimuat jurnal Diabetes juga menyebutkan bahwa pada tikus betina yang telah direkayasa genetika agar enzimnya berkurang, ternyata mereka tetap kurus walau makan makanan kaya lemak.

Sebenarnya, pada wanita di usia muda, lebih mudah menjaga badan tetap langsing. Penyebabnya adalah hormon estrogen. Hormon inilah yang bisa menekan aktifitas Aldh1a1. Namun setelah menopause, kadar estrogen menurun drastis sehingga jadi rentan mengalami kenaikan berat badan.

walaupun penelitian sudah menemukan enzim pencetus gemuk, tapi belum bisa 100% digunakan untuk manusia, karena penelitian ini baru di uji coba pada tikus. apalagi enzim Aldh1a1 merupakan enzim yang penting juga dalam tubuh, jadi para peneliti tidak bisa semaunya menghilangkan enzim ini pada tubuh manusia.


0 komentar on Penyebab wanita cepat gemuk :

Posting Komentar