Cara merawat motor 4 tak

motor 4 tak

Cara merawat motor – Motor adalah jiwanya lelaki, sebagian besar pria adalah pecinta motor, mulai dari yang biasa saja sampai yang suka modifikasi motor hingga berbentuk model – model yang keren.

Banyak orang yang sangat bergantung dengan kendaraan motornya sebab biasanya digunakan untuk bekerja ataupun bepergian dalam waktu yang cepat. Untuk itu perlu perawatan yang intensif agar motor kita tetap awet dan dapat bertahan lama.

Walaupun sekarang jamannya motor matic, tetapi motor 4 tak masih digemari oleh para biker. Nah apa saja cara merawat motor jenis 4 tak agar tetap awet?

Cara merawat motor

1. Mengganti busi secara berkala

Busi sangat berperan penting dalam menjalankan motor, sebaiknya busi rajin diperiksa keadaannya dan menggantinya setiap 12.000 km agar tak mendapat masalah mogok di jalan.

 

2. Memeriksa ketegangan rantai motor.

Rantai sangat penting dalam menjaga kelancaran berkendara. Bila rantai motor kendur cukup dikencangkan, dan bila rantai kering cukup diolesi dengan oli khusus agar perputarannya menjadi lancar lagi. Namun bila sudah terlalu lama sebaiknya rantai juga diganti 1 sel.

 

3. Membersihkan karburator.

Karburator yang kotor berdampak pada buruknya mesin kendaraan anda. Olehnya itu sebaiknya anda rutin membersihkan karburator motor.

 

4. Mengecek kondisi aki.

Ada 2 jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering tak perlu perawatan khusus cukup menggantinya setiap 3 tahun. Sedangkan aki basah perlu mengecek kondisi air aki, bila kurang sebaiknya diisi. Aki bsah yang kurang air biasanya ditandai dengan lemahnya suara klakson motor.

 

5. Memanaskan mesin motor

Memanaskan mesin motor sebelum digunakan perlu agar oli dapat melumasi seluruh bagian mesin motor yang bergerak. Memanasi mesin motor cukup 1-2 menit saja sudah cukup tak perlu berlama – lama.

 

6. Selalu Menggunakan sparepart asli

Sparepart asli memang memiliki harga yang mahal. Namun ketahanan suku cadang tersebuh bisa bertahan sangat lama dibandingkan sparepart palsu.

Beberapa tips sederhana tetapi bila kita rutin merawat motor maka motor tersebut akan awet dan bisa memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Selamat mencoba baca juga cara menghilangkan jerawat dan cara cepat hamil .

Photo : tarepyon.wordpress.com

0 komentar on Cara merawat motor 4 tak :

Poskan Komentar