Cara menghilangkan ketombe secara alami

Cara menghilangkan ketombe - Ketombe adalah gejala pada kulit kepala dimana timbul kotoran-kotoran putih seperti debu. Ketombe bisa terjadi pada pria maupun wanita. Ketombe biasanya menyebabkan rambut jadi kusam, mudah rontok dan sering gatal. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai cara menghilangkan jerawat , antara jerawat dan ketombe sama-sama tidak menyenangkan jika terdapat pada tubuh kita. Bayangkan saja ketika sedang asyik bercerita dengan orang lain tetapi kita justru menggaruk-garuk kepala kita akibat adanya ketombe. Belum lagi bagi wanita ketika mengibaskan rambutnya tampak berjatuhan kotoran berwarna putih, tidak menyenangkan bukan? Kali ini kami akan berbagi tips dan cara menghilangkan ketombe, sebab admin dahulu juga sering mengalami gangguan ketombe. Tetapi dari hasil membaca literatur sana sini dan mencoba berbagai cara, maka admin akan memberikan beberapa cara menghilangkan ketombe yang benar-benar sesuai dan dapat diterapkan pada kepala kita.
Munculnya ketombe sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kulit berminyak, jamur , keringat, stress dan lain-lain.
rambut bersih
ilustrasi ketombe : majalahkesehatan.com
Cara menghilangkan ketombe
1. Rajin keramas
Hal utama penyebab ketombe adalah karena banyaknya kotoran menempel di rambut anda, bila jumlah ketombe anda sedikit maka solusinya adalah dengan rajin berkeramas agar jamur penyebab ketombe bisa hilang dengan segera. Pilihlah shampo yang dapat membersihkan kulit kepala dengan tuntas. Namun perlu diketahui bahwa terlalu sering berkeramas juga dapat membuat rambut menjadi rusak, jadi cukup 2-3 hari sekali anda berkeramas sudah cukup.

2. Jeruk nipis + lemon
Ambillah beberapa buah jeruk nipis kemudian peraskan airnya ke bagian rambut anda, pijat-pijat beberapa menit. Setelah itu ambil air dan tambahkan 1 sendok lemon kemudian siram lagi ke bagian rambut anda. Ulangi beberapa kali sampai ketombe anda menghilang. Kandungan jeruk nipis dan lemon sangat baik untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut anda menjadi harum.

3. Santan kelapa
Sewaktu masih tinggal di desa saya sering melihat anak-anak mandi air hujan sambil mengkeramasi rambutnya menggunakan perasan kelapa, kadang-kadang kelapa tersebut dibakar terlebih dahulu. Ternyata hal tersebut berguna untuk menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, ambil beberapa potong kelapa tua, kemudian parut untuk diambil airnya, setelah itu keramas menggunakan santan tadi.
Setelah itu cuci rambut anda menggunakan shampo untuk menghilangkan sisa kelapa dan mengurangi minyak dari santan tadi. Dahulu saya sering mencobanya ternyata selain menghilangkan ketombe juga ternyata dapat membuat rambut menjadi lebih hitam. Jangan lakukan ini terus - menerus, cukup 1 kali seminggu.

4. Lidah buaya
Cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya cukup mudah. Ambil 1 lembar lidah buaya, kemudian belah dan ambil hanya bagian gel di dalamnya. Setelah itu gosokkan pada bagian kulit kepala anda. Diamkan selama 10 menit dan bilas bila perlu menggunakan shampo untuk hasil yang maksimal.

Ternyata cukup mudah menghilangkan ketombe yang membandel di kepala kita, baca juga artikel sebelumnya mengenai cara mencegah kebotakan . Selamat mencoba semoga berhasil

0 komentar on Cara menghilangkan ketombe secara alami :

Poskan Komentar