Cara mencegah jerawat muncul di wajah

Cara mencegah jerawat - Mencegah lebih baik daripada mengobati, mungkin itulah sebuah pepatah yang dapat saya berikan kepada para pembaca sekalian. Pada waktu yang lalu kami telah memberikan beberapa cara menghilangkan jerawat . Namun dari pepatah tersebut menyatakan bahwa lebih penting mencegah daripada mengobati. Jika mengobati jerawat dapat menimbulkan bekas , tetapi jika mencegah tidak akan menimbulkan jerawat. Saat ini informasi begitu mudah didapatkan dengan kehadiran Internet, sehingga mereka yang peduli dengan kesehatan mudah mencari cara mencegah jerawat timbul di wajah.
wajah mulus
Ilustrasi wajah bersih tanpa jerawat : exstrahotnews.wordpress.com
Cara mencegah jerawat  
1. Rajin cuci muka
Cuci muka selain membuat wajah menjadi segar, ternyata juga dapat mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat di wajah. Saat mencuci muka tidak usah selalu menggunakan sabun, cukup menggunakan air bersih yang dingin. Kecuali bila memang sangat banyak sekali debu yang menempel di wajah anda barulah menggunakan sabun pembersih.

2. Merapikan rambut
Saat ini model rambut yang lagi tren adalah model emo. Model rambut emo biasanya menyebabkan rambut menutupi sedikit bagian wajah. Bagi wanita biasanya ada yang disebut poni. Tahukah anda rambut yang seharian telah terkena debu bila menyentuh kulit wajah dapat menjadi sarang bakteri jerawat.  Ubahlah trend rambut anda demi kesehatan anda. Percuma juga memiliki model rambut bagus tetapi wajah penuh jerawat bukan?

3. Membersihkan alat tidur
Alat tidur seperti sarung bantal dan sarung guling memiliki dampak yang sama dengan rambut panjang. Biasakanlah mencuci kain sarung bantal dan guling seminggu atau sebulan sekali. Bila perlu ganti bila sudah usang. Yang paling parah bila sarung dan bantal tersebut telah dipakai beramai-ramai sehingga dapat menularkan bibit-bibit bakteri penyebab jerawat dari orang lain.
4. Tidak memencet jerawat
Memencet jerawat adalah hal yang selalu dilakukan oleh orang yang memiliki jerawat. Berharap jerawat cepat hilang justru dapat memperbanyak jumlah jerawat di wajah. Saat memencet jerawat biasanya tangan kita tidak steril, akibatnya bakteri dari tangan berpindah ke kulit wajah sehingga dapat memunculkan bibit jerawat baru. Semakin kamu sering menyentuh jerawat kamu, maka ia akan semakin cepat membesar dan bernanah. Sebaiknya biarkan saja jerawat yang muncul di wajah anda, biarkan ia hidup dan mati dengan sendirinya. Memencet jerawat juga dapat meninggalkan bekas lubang yang tidak dapat hilang.

5.  Minum air putih 8 gelas sehari
Mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Hal tersebut dapat membuat membantu mencegah timbulnya jerawat.

6. Kurangi kosmetik
Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan tebal bagi wanita dapat membentuk ruang kosong tempat bakteri hidup di lapisan kulit. Jenis bakteri jerawat adalah bakteri yang dapat hidup pada kondisi tidak ada udara. Sehingga saat bakteri tertutupi oleh kosmetik, saat itulah mereka hidup dan berkembang biak. Kurangi penggunaan kosmetik atau bila tidak segera hilangkan kosmetik sebersih-bersihnya ketika hendak tidur malam hari.
Itulah 6 cara mencegah jerawat muncul di wajah anda. Cukup mudah asalkan kita mau melakukannya secara rutin dan berkelanjutan. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 komentar on Cara mencegah jerawat muncul di wajah :

Poskan Komentar