Cara mengobati pilek secara alami

Cara mengobati pilek – Pilek aatau biasa dikenal dengan sakit flu biasanya menyerang orang saat musim hujan, nah saat ini musim hujan di wilayah indonesia sudah semakin dekat, sehingga kemungkinan besar hampir semua orang akan mengalami sakit pilek,perubahan musim biasanya menyebabkan distribusi virus atau bakteri bisa menyebab kemana – mana , begitupun virus flu juga dapat menyebar.  Pilek biasanya mengiringi sakit batuk, Beberapa waktu lalu kita juga sudah menulis tentang cara mengobati batuk . Sakit pilek sangat membuat menderita sebab pada wilayah hidung kita akan mengeluarkan cairan secara terus – menerus, selain itu di malam harinya kita susah tidur karena hidung terasa tersumbat.  simak artikel kali ini mengenai cara mengobati pilek :

PILEK

Ilustrasi : adsradiofm.com

Penyebab Pilek / Flu

Penyebab Pilek adalah disebabkan karena adanya virus influenza B dan Virus Influenza C yang masuk kedalam tubuh, faktor menurunnya kesehatan tubuh adalah faktor utama. Namun di kalangan masayarakat banyak yang menganggap bahwa pilek disebabkan karena debu dan hujan, namun perlu diketahui bahwa debu dan hujan hanya sebuah media bagi penyebaran virus influenza B dan virus Influenza C.

 

Cara mengobati Pilek

Setelah mengetahui beberapa penyebab pilek / flu sekarang kita pelajari bagaimana cara mengobati pilek secara alami :

1.Meniup Hidung

Jika sedang mengalami flu, atau di bagian hidung sering terdapat lendir ataupun terasa tersumbat , maka cobalah untuk meniup keluar udara dari dalam hidung, caranya seperti bernafas dengan keras. Tutup salah satu bagian hidung kemudian keluarkan udara dengan sekerasnya dari bagian hidung yang lainnya, lakukan bergantian pada bagian hidung yang lainnya. Hal ini dapat membuat hidung akan terasa lega dan dapat membantu mengobati sakit flu anda.

 

2. Istirahat Cukup

Saat terkena flu, berarti daya tahan tubuh anda sebenarnya sedang menurun, Istirahat yang cukup dapat mengembalikan kondisi fit tubuh kita, Apabila tubuh sedang sehat maka tubuh akan dengan mudahnya menghasilkan anti biotik alami yang dapat mengobati flu.

 

3. Tidur dengan bantal tinggi

Saat sedang tidur terutama di malam hari , cobalah mencoba posisi baru yakni meninggikan bantal kepala anda. hal ini berguna untuk mengurangi pembentukan lendir di dalam pernafasan dan membantu membuat lega pernafasan.

 

4. Minum air hangat

Cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yang mengalami peradanggan. Uap yang dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir. Air hangat tersebut dapat menggunakan teh agar lebih nikmat.

 

5. Konsumsi Vitamin yang cukup

Vitamin selain berguna untuk pertumbuhan manusia, juga ternyata berguna untuk sistem kekebalan/ imunitas di dalam tubuh. Meningkatkan kekebalan tubuh dapat mencegah masuknya bibit penyakit sekaligus membuat tubuh membentuk sistem imun melawan bibit penyakit tersebut

Itulah beberapa cara mengobati pilek secara alami, untuk mengobati penyakit jangan selalu mengutamakan menggunakan obat – obatan berbahan kimia, tetapi cobalah obat dengan bahan alami. Sebab bahan-bahan kimia bersifat karsinogen bagi tubuh dan dapat menyebabkan terjadinya kanker dalam jangka panjang, baca juga artikel lainnya mengenai kata – kata mutiara

0 komentar on Cara mengobati pilek secara alami :

Posting Komentar