Cara menghitung masa subur wanita

Cara menghitung masa subur – Masa subur adalah salah suatu fase dalam 1 kali siklus menstruasi wanita, mas subur ini terkait dengan kehamilan pada seorang wanita, bagi pasangan yang sangat menginginkan kehamilan hendaknya mempelajari siklus masa subur pada dirinya. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai cara cepat hamil . Dan salah satu point penting didalamnya adalah mengenai masa subur. Jika pertemuan sperma dan ovum terjadi pada saat masa subur maka kemungkinan untuk terjadi pembuahan sangat besar. Bagi anda yang tidak terlalu memperhatikan masalah ini mungkin artikel ini bisa menjadi referensi buat anda, terutama untuk cepat mendapatkan kehamilan.

masa subur

Ilustrasi : konsultasikehamilan.blogspot.com

Cara menghitung masa subur

cara menghitung masa subur wanita dengan siklus teratur 28 hari :

* Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
* Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Begitu setiap bulannya.

cara menghitung masa subur wanita dengan siklus tidak teratur 28 hari :

* Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
* Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
* RUMUS:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

 

Mudah Bukan cara menghitung masa subur pada wanita, mengetahui masa subur begitu peng untuk diketahui apalagi dalam merencanakan kehamilan, Jadi jangan anggap remeh

0 komentar on Cara menghitung masa subur wanita :

Poskan Komentar