Cara membuat makalah yang baik dan benar

Cara membuat makalah - Saat menjadi siswa di SMA, membuat makalah bukanlah sebuah kegiatan penting, sebab biasanya makalah hanya dibuat 1-2 buah per  semester, itu pun dikerja borongan. Nah setelah masuk kampus dan mengikuti perkuliahan, ternyata dosen kita justru menyerang mahasiswanya dengan memberikan tugas makalah setiap minggunya dari semester awal hingga semester akhir. Untungnya biasanya dibuat per kelompok jadi aman dan bisa kerja bareng-bareng teman. Buat mahasiswa yang baru tahu apa itu makalah jadi kebingungan, bagaimana cara membuatnya? apa yang mesti ditulis? yakin saja pasti sebagian besar pernah mengalami hal tersebut.
Apa itu makalah? makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum atau dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan biasanya yang membuat makalah di sini adalah mahasiswa, namun sekarang anak SMP dan SMA sudah diajarkan tentang hal ini. Sebagai mahasiswa yang sudah berpengalaman di dunia kampus, maka menjadi kewajiban buat saya untuk berbagi tips dan cara membuat makalah yang baik dan benar. Simak tipsnya berikut :
makalah mahasiswa
ilustrasi cara membuat makalah : wisnudewobroto.com

Cara membuat makalah
1. Langkah awal dalam membuat makalah adalah mempelajari topik makalah yang akan anda tulis.
2. Menyusun pola pikir.
3. Mencari sebanyak-banyaknya referensi tentang topik tersebut. Minimal menggunakan 3-5 buah buku. Jangan selalu mengandalkan materi dari internet sebab biasanya hanya 1 materi yang di copas oleh yang lainnya.
3. Dalam membuat makalah yang baik dan benar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
- Harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebab makalah juga termasuk karya ilmiah.
- Menyusun kalimat yang mudah dipahami. Ini penting agar saat anda presentase nanti tidak banyak muncul pertanyaan-pertanyaan karena kesalahan dalam menyusun kalimat.
- Menggunakan ulasan yang singkat, padat dan jelas.
Cara Menyusun Makalah
Menyusun makalah juga tidak boleh asal-asalan, perlu diperhatikan struktur dan susunannya yang benar agar tidak terbolak - balik. Susunan makalah yang benar kurang lebih seperti berikut ini :
  1. Lembar Judul atau Jilid
    - Judul makalah
    - Nama dan Nim
    - Nama dan Tempat Perguruan Tinggi- Tahun
  2. Lembar Pengesahan
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Daftar Gambar
  6. Daftar Tabel
  7. Tubuh Makalah
a. Pendahuluan : Terbagi menjadi 3 Sub Bab
  1. Latar belakang
  2. Ruang lingkup
  3. Maksud dan tujuan penulisan
b. Pembahasan
c. Penutup
    1. Kesimpulan
    2. Saran
Setelah makalah jadi kemudian di cetak di atas kertas letter atau A4. Itu adalah format umum dalam membuat sebuah makalah. Perlu juga diperhatikan adalah jarak margin tulisan di dalam kertas . Ada format khususnya yaitu :
- Atas : 4 cm
- Kiri : 4 cm
- Bawah : 3 cm
- Kanan : 3 cm
Itulah cara membuat makalah yang baik dan benar. Semoga bisa membantu adik-adik dalam membuat makalah sehari-harinya terutama saat menjadi seorang mahasiswa. Baca artikel kami lainnya Cara menghilangkan jerawat dan Cara membuat blog .

0 komentar on Cara membuat makalah yang baik dan benar :

Posting Komentar