Valentine


Hari Valentine atau Valentine Day,s yang selalu diperingati setiap tanggal 14 februari merupakan simbol kasih sayang yang melekat dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kaum muda. Hari valentine identik dengan ekspresi rasa sayang yang di wujudkan dalam bentuk simbol seperti hadiah dan dan lain sebagainya. Tepat pada tanggal 14 februari merupakan waktu untuk saling menyayangi dan memberi hadiah kepada orang yang mereka sayangi baik dalam bentuk kartu ucapan atau simbol lain yang bisa memberi kesan sayang. Hari valentine juga pasti akan lebih berkesan seandainya ungkapan rasa kasih sayang itu di ucapkan kepada orang-orang terdekat kita yg selama ini justru selalu ada buat kita,keluarga dan teman-teman.

Bentuk perayaan kasih sayang ini tidak hanya dalam bentuk valentine tapi kadang di tiap negara berbeda seperti :
Di Brasil mereka merayakan hari Valentine pada tanggal 12 Juni yang lebih dikenal dengan nama Dia dos Namorados atau "Boyfriend's/Girlfriend' s Day". Sedangkan di Kolumbia mereka merayakannya pada bulan September yang diberi nama Amigo secreto atau Sobat Rahasia, karena sipemberi hadiah Valentine tidak boleh memberitahu identitasnya. Sedangkan di Tiongkok, Chinese Valentine atau Qi Shi yang berarti Double seven, karena ini dirayakan tepatnya pada tanggal tujuh bulan tujuh penanggalan Imlek. Budaya ini berasal sejak jaman Disnati Han (206 SM - 220 M).
Di Jepang maupun di Korea mereka menamakan Hari Valentine dengan sebutan Giri-choco, sebab pada hari tersebut para perempuan diwajibkan memberi cokelat kepada teman-teman pria sekantor atau lingkungannya. Kata Giri dalam bahasa Jepang berarti Wajib, sedangkan choco diambil dari kata chokoreto yang berarti cokelat. Kaum pria membalas memberikan hadiah cokelat putih atau hadiah-hadiah lainnya yang berwarna putih pada hari White Day yang dirayakan pada tanggal 14 Maret.



Ekspresi kasih sayang yang disimbolkan ini bukan merupakan sesuatu yang baru, karena sejak dulu, ekspresi cinta dalam bentuk simbol sudah di kenal oleh masyarakat baik dalam bentuk dongeng seperti kibandung bondowoso yang membuktikan cintanya kepada roro jonggrang dengan mendirikan seribu candi dalam satu malam, maupun dalam kisah nyata sebagaimana sah jehan yang mempersembahkan taj mahal kepada isterinya mumtaz mahal. Kasih sayang adalah suatu hal yang sulit dipisahkan dari manusia, karena kasih sayang itu adalah teman abadi manusia yang tidak akan pudar oleh zaman.

Entah apa yang melatar belakangi lahirnya perayaan hari valentine ini yang mengidentikan dengan hari kasih sayang, pada hal rasa sayang itu tidak bisa disimbolkan dalam bentuk simbol coklat atau sebagainya maupun ditentukan dalam satu hari. Karena kasih sayang itu merupakan reaksi rasa yang berkelanjutan yang akan menjadi indah ketika ketulusan menjadi suplemen yang diekspresikan dengan bahasa yang hanya dipahami oleh mereka yang memberikan sayangnya dan menerimanya.


Secara pribadi saya adalah orang yang menolak segala bentuk simbol dalam mengekspresikan kasih sayang. Karena kasih sayang itu adalah ekspresi jiwa yang tidak terukur kedalamannya sehingga sangat tidak adil kalau bentuk ekspresi kasih sayang itu terwakili hanya dalam bentuk bangunan seindah tajmahal maupun terwakili dengan sepotong coklat karena Kasih sayang itu seperti sebuah mata air yang selalu mengalirkan rasa terbening dalam lautan jiwa kita dan tidak akan berhenti menumpahkan segala rasa dan tak akan pernah berharap untuk untuk kembali.


0 komentar on Valentine :

Posting Komentar