Dahsyat... ikan juga bisa manjat tebing

kalau melihat ikan berenang memang sudah biasa, tapi..... melihat ikan memanjat tebing adalah hal yang Luar biasa. hal ini memang bukan suatu yang bisa diterima dengan akal sehat, tetapi inilah yang terjadi pada ikan-ikan ini, yang bisa memanjat tebing sehingga 100 meter.

Berenang melawan arus memang menantang. Tapi, bagaimana dengan memanjat air terjun? Spesies ikan Sicyopterus stimpsoni atau Gobi Nopoli Pemanjat Air Terjun ternyata ahli dalam melakukannya.

Bukan cuma kemampuan memanjat air terjun yang mengagumkan. Mekanismenya pun mengejutkan. Sicyopterus stimpsoni memanjat tebing air terjun dengan mulutnya. Ikan ini menghisap permukaan batuan untuk melekatkan dirinya dan memanjat air terjun.

Ilmuwan membuat video tentang mekanisme memanjat ikan tersebut. Mereka mengetahui bahwa ikan ini juga memiliki mekanisme yang sama untuk memakan alga. Dalam proses evolusinya, ikan ini belajar menggunakan otot yang sama untuk dua aktivitas berbeda.

"Kami terpesona bahwa perilaku ekstrem ikan ini, memanjat air terjun dengan mulut, mungkin dipengaruhi lewat proses evolusi dari perilaku dasar mencari makanan," kata Richard Blob dari Clemson University

Dalam eksperimen di akuarium, peneliti membuktikan bahwa mekanisme makan dan memanjat sama. Ikan bergerak dengan menghisap permukaan akuarium yang memiliki makanan sekaligus beranjak daerah yang lebih tinggi.

Hasil penelitian bahwa Sicyopterus stimpsoni dewasa biasanya hanya memiliki panjang tubuh 18 cm. Namun, dengan tubuh kecil itu, mereka bisa memanjat air terjun hingga setinggi 100 meter. Mengagumkan.




























0 komentar on Dahsyat... ikan juga bisa manjat tebing :

Posting Komentar