Agar Sehat, Tetaplah Bangun Pagi Meski Hari Libur

[imagetag] https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJqNxbHLum_QZgqQ1epGN56VCzXZRUx3m7rgiFNULgyVZBEFwM33KsF3tLVg3H_QpdC5V5QJO3ygbLAFtk4VWorYtOOM6xpfF0UzAZEFaPs4gqWf4C5TlEMOq4J5rm4oqzL8WRauEThQU/s1600/45127_151984818160466_100000468471016_423648_3131726_n.jpg



Saat akhir pekan atau hari libur, banyak orang yang sengaja bangun siang dengan alasan tidak ada kerjaan atau ingin bermalas-malasan. Bangun siang 1 atau 2 jam boleh-boleh saja, namun bila ingin sehat tetaplah bangun di pagi hari meski sedang libur.

Jangan menghabiskan waktu hanya dengan bermalas-malasan di tempat tidur, karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain sepanjang hari.

Tidak berarti Anda harus bangun jam 5 pagi, tapi bisa menambahkan waktu tidur sekitar 1-2 jam dibandingkan hari biasa.

Bangun pagi hari sebelum matahari tinggi dapat membuat pikiran Anda lebih segar dan bisa mengurangi stres. Kondisi ini membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan lebih terlihat cantik dan menarik.

Selai itu, bangun pagi di akhir pekan atau hari libur akan membuat Anda memiliki banyak waktu untuk beraktivitas atau berjalan-jalan dengan keluarga. Ini akan mengurangi waktu bermalas-malasan dan menumpuk lemak yang tidak sehat.

Bangun di waktu yang sama dengan hari kerja juga akan membuat jam biologis Anda tidak terganggu, sehingga tidak bangun kesiangan di hari Senin atau hari pertama masuk kerja, seperti dilansir Lifemojo, Sabtu (30/3/2012).

Bila Anda terbiasa bangun pagi, ada pula beberapa manfaat yang akan didapat, seperti dilansir beautynhealthytips4u.com:

1. Tidak melewatkan waktu sarapan

Sebagian orang melewatkan waktu sarapan karena bangun kesiangan dan terlambat di pagi hari.

Melewatkan sarapan sama artinya menabung banyak penyakit, seperti diabetes, obesitas dan jantung. Tidak sarapan juga membuat Anda tidak bertenaga dan bersemangat saat menjalani rutinitas.

2. Dapat melakukan olahraga pagi

Dengan bangun pagi, orang juga memiliki waktu lebih untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, bersepeda, berenang, jogging dan olahraga ringan lainnya.

Olahraga pagi dapat membantu untuk mencapai dan menjaga kesehatan yang baik dan menjaga pikiran menyenangkan dengan mengurangi rasa sakit dan stres.

Pikiran yang sehat dan menyenangkan dapat membuat Anda berpikir positif yang pada gilirannya membuat hidup bahagia.

3. Tidak tergesa-gesa dan terburu-buru

Bangun lebih pagi berarti membuat Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan segala sesuatu, termasuk urusan pekerjaan.

Bangun kesiangan seringkali membuat orang tergesa-gesa dan terburu-buru, yang pada gilirannya dapat membahayakan kesehatan jantung.
(mer/ir)


UNIC 31 Mar, 2012

0 komentar on Agar Sehat, Tetaplah Bangun Pagi Meski Hari Libur :

Posting Komentar