Suzuki Samurai 1992

Maju Tak Gentar, Itulah Semboyan Sang Pemilik


JIP - Hal yang paling menonjol dari Suzuki Samurai milik Suhono ini terletak pada penempatan ban depannya yang jauh berada di depan bodi. Memperoleh distribusi bobot yang lebih baik sekaligus untuk meminimkan approach angle menjadi tujuan yang diincar dalam proses memajukan posisi ban depan ini.

Pria yang menjabat Komandan Resimen Bantuan Tempur satu Marinir ini memilih Samurai sebagai besutan tak lain karena bobotnya yang ringan dan dimensinya yang mungil. Dengan bobot ringan dan modifikasi yang tepat jip mungil ini muncul sebagai sebuah jip yang memiliki potensi besar sebagai sebuah jip yang handal pria yang menjabat sebagai dapat dengan mudah

Tak hanya diturunkan dalam satu habitat trek adventure saja, namun Samurai inipun diandalkan pula untuk melibas trek speed offroad. Perhitungan konstruksi dan rancangan jip ini diklaim sudah mencukupi diturunkan kedua habitat tersebut.

Seperti halnya modifikasi letak gardan depannya, jip ini pun mewarisi semangat maju tak gentar  untuk menghadapi dua habitat sekaligus… maju tak gentar…


Gardan nan maju
Approach angle yang sering kali menjadi momok bagi sebuah Jimny atau Samurai saat menghadapi turunan curam. Oleh sebab itu posisi gardan depan maju hingga 30cm dan letak ban pun menjadi jauh di depan spakbor, sehingga jip mungil in pun sekarang lebih leluasa melahap cerukan-cerukan tajam. Gardan belakang pun turut dimundurkan walau tidak seekstrem bagian depannya.

Tujuan pemajuan gardan depan ini dilakukan dengan mempertimbangkan tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bagian depan jadi lebih leluasa saat menuruni medan curam. Kedua,  wheelbase kendaraan jadi lebih panjang, sehingga handling kendaraan jadi lebih mudah dan ketiga distribusi berat kendaraan pun bisa diperbaiki.


Spesifikasi
 Mesin       G13B 4 silinder 8 valve SOHC 1.298cc
 Cam  270°
 Transmisi   5 speed manual OEM SJ413
 Tranferkase    2 speed part-time OEM SJ413 with low gear 4,16 : 1  from Calmini
 Tangki   Jaz
 Ban  Simex 32 x 10.5R15
 Pelek   ARW 8 x 15
 Shocksteer  4 way
 Jok        Recaro lokal
 Sokbreker   Coilover FabTech 16 inci (depan)
  Coilover Rad Flo 16 inci (belakang)
 Winch  Warn M9000
 Gardan   OEM SJ413 Samurai
 Finalgir   4.090 : 1
 Limited slip  OEM Jimny
 Kopel     depan ditambah 30cm
 Bengkel  dikerjakan sendiri

sumber : otosport.otomotifnet.com

0 komentar on Suzuki Samurai 1992 :

Posting Komentar