Tips mudik lebaran Aman dan Nyaman

Tips mudik lebaran Aman dan Nyaman - Mudik telah tiba, nuansa-nuansa mudik telah mulai terasa walau hari lebaran masih lama, tetapi para mahasiswa dan para pekerja sudah mulai melakukan aktivitas pulang kampung. Hal ini terlihat dari kepadatan terminal yang biasanya digunakan untuk mengambil transportasi. Di masa-masa seperti ini, keramaian tidak dapat dihindarkan lagi. Bagi pemudik, merasa nyaman dan tenang saat pulang kampung adalah harapan yang sangat besar agar aktivitas mudik menjadi lancar dan nyaman.
Kali ini saya akan berbagi tips mudik agar saya dan kita semua merasa nyaman saat melaksanakan mudik ke kampung halaman.
Mudik Aman
Ilustrasi : jasionline.com
Tips mudik lebaran Aman dan Nyaman
1. Jaga Kesehatan.
Sebelum berangkat pergi mudik, hal yang paling penting anda lakukan menjaga kesehatan sebelum pergi mudik. Sakit saat mudik dapat mengganggu perjalanan mudik anda, apalagi jika anda mudik menggunakan Bis atau kapal laut yang membutuhkan waktu lama, sebab anda juga tidak leluasa ketika harus istirahat di perjalanan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan menjelang mudik itu penting.

2. Beli Tiket sejak Dini
Kebanyakan pemudik menggunakan angkutan umum saat mudik, kecuali mereka yang memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor yang digunakan untuk pulang kampung. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, kapal laut maupun pesawat, maka sebaiknya anda memesan tiket/karcis jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mencegah kehabisan tiket kendaraan. Selain itu anda bisa terhindar dari kenaikan harga tiket yang biasanya diberlakukan oleh agen perjalanan anda menjelang kepadatan arus mudik.

3. Titip rumah pada orang kepercayaan
Titip rumah anda pada orang  yang dipercaya bila anda akan mudik bersama keluarga. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti rumah di bobol maling dan sejenisnya. Namun bila anda tak memiliki keluarga yang dapat menempati rumah anda selama mudik, maka sampaikanlah pada tetangga untuk memperhatikan kondisi rumah anda. Sebaiknya tidak menyimpan uang tunai di dalam rumah yang ditinggal mudik, sebaiknya langsung menyimpan di bank. Begitu pula dengan perabotan rumah yang mahal dan besar, sebaiknya ditutup sesuatu agar tidak tampak.

4. Berangkat pada pagi hari
Jika anda menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk mudik, sebaiknya anda memilih untuk mudik di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat kejahatan seperti hipnotis maupun kecelakaan. Sebab saat mudik seperti ini kejahatan maupun kecelakaan biasanya terjadi pada malam hari.
Itulah 4 tips mudik aman dan nyaman, Setelah semuanya anda lakukan anda pun dapat melaksanakan mudik dengan nyaman dan tenang. Selamat mencoba !!

0 komentar on Tips mudik lebaran Aman dan Nyaman :

Posting Komentar