Tips membeli Laptop Bekas yang terbaik

Tips membeli Laptop Bekas yang terbaik – Pada artikel yang lalu kita sudah membahas mengenai tips membeli laptop baru . Kali ini kami akan memberikan tips membeli laptop bekas yang berkualitas,sebab tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang juga masih mecari laptop bekas dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih terjangkau. Membeli laptop bekas harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih Laptop bekas sebab bisa saja kita tertipu pada kualitas benda tersebut. Beda halnya dengan laptop baru yang dijual di toko komputer yang jelas-jelas sangat terjamin kualitas barangnya dan jauh dari cacat. Nah bila anda saat ini ingin membeli seperangkat laptop ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut. Saya sering menjadi konsultan bagi teman-teman kampus ketika akan membeli laptop baru maupun bekas, oleh karena itu kali ini saya akan memberikan beberapa hal dasar yang wajib diperhatikan saat membeli laptop bekas dari orang lain

laptop

ilustrasi : bagusnulis.wordpress.com

Tips membeli Laptop Bekas yang terbaik

1. Ketahanan Baterai.

Yang paling awal anda tanyakan kepada penjual laptop bekas ialah masalah ketahanan baterainya. Hingga saat ini daya tahan baterainya berapa lama? Jika baterainya masih mampu bertahan lama berarti laptop tersebut masih baik dan bisa anda beli. Baterai sangat penting sebab rusaknya baterai laptop sama saja dengan 50 % telah terjadi kerusakan pada laptop tersebut, karena laptop yang rusak baterainya berarti tidak dapat digunakan diluar rumah tanpa menggunakan colokan. Selain itu harga baterai asli biasanya mencapai harga antara 500 ribu -1 juta rupiah. Percuma saja anda beli laptop bekas  murah tetapi harus mengganti lagi baterainya yang sudah tidak tahan lama.

2. Keadaan charger dan kondisi laptop

Harga charger asli sebuah laptop tidak kalah mahalnya dengan harga baterai laptop. OIleh karena itu kondisi charger pun wajib anda tanyakan kepada penjual laptop tadi. Cobalah mengetes keampuhan charger lapto apakah masih bisa berfungsi dengan sangat baik atau tidak. Selain charger anda juga wajib mempertanyakan kondisi laptop sejak pembelian sampai hari itu, bisa jadi laptop tersebut pernah jatuh atau lainnya yang bisa saja menyebabkan kondisi di dalam laptop bisa menjadi rusak dan tak kelihatan oleh anda.

3. Lamanya penggunaan

Semakin lama penggunaan laptop berarti kualitas aksessoris di dalamnya juga ikut menurun kualitasnya. Sebisa mungkin laptop bekas yang akan anda beli tidak berumur lebih dari 1 tahun. Sebab jika lebih dari 1 tahun maka sudah ada beberapa peragkat di dalamnya yang sudah harus diganti atau pernah rusak selama digunakan oleh pemiliknya.

4. Spesifikasi laptop

Salah satu alasan pengguna laptop memilih menjual barangnya dikarenakan spesifikasi laptop yang kurang maksimal. Oleh karena itu perhatikan pula apa isi laptop tersebut yang terdiri dari jumlah memori (RAM), hardisk, dan processor di dalamnya. Pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi yang lumayan baik untuk anda gunakan nantinya.

5.Garansi kerusakan

Garansi kerusakan wajib anda tanyakan, apakah laptop tersebut masih terkena garansi atau tidak. Jika masih memiliki status garansi maka laptop tersebut aman, jika ada kerusakan dikemudian hari anda tak perlu repot lagi mengeluarkan uang untuk mengganti kerusakan, sebab ditanggung oleh garansi.

 

Itulah beberapa tips sederhana yang sebaiknya anda perhatikan ketika akan membeli laptop bekas agar anda tidak kecewa dikemudian hari. Jangan pernah terburu-buru saat membeli laptop bekas. Selamat mencoba !

0 komentar on Tips membeli Laptop Bekas yang terbaik :

Posting Komentar