Menyaksikan Cahaya Surga di Gua Jomblang, Gunungkidul

Bagi Anda penyuka wisata yang bisa memacu adrenalin, Gua Jomblang di Gunungkidul sudah tidak asing lagi. Selain caving, Anda juga bisa menyaksikan cahaya surga. Penasaran?

Gua Jomblang terletak di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Jomblang merupakan salah satu dari ratusan goa di Kompleks Gua Gunungkidul. Karena keindahannya, gua ini sudah mulai terkenal hingga ke mancanegara.

Sayangnya, untuk masuk ke dalam perut gua tidaklah mudah. Diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau yang lebih dikenal dengan nama single rope technique (SRT). Karena medannya yang cukup berbahaya, siapapun yang ingin masuk atau caving di Gua Jomblang wajib mengenakan alat standar keselamatan.

Namun, jangan khawatir, Anda tentu saja akan didampingi oleh penelusur gua yang sudah handal dan berpengalaman. Jadi, Anda bisa sedikit tenang dalam menelusuri perut gua.

Keberanian Anda akan diuji di sini. Untuk bisa sampai ke dasar gua, Anda harus menuruni tali kurang lebih 20 meter. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab alat keselamatan dan tim yang handal akan menemani penjelajahan Anda.

Gua vertikal ini memiliki sebuah lorong sepanjang 300 meter. Di sepanjang lorong, terdapat ornamen gua yang sangat indah. Lorong tersebut akan mengantarkan Anda menuju subuah lubang besar di ujung gua yang bernama Gua Grubug.

Nah, pancaran sinar yang masuk ke dalam gua tersebutlah yang menjadi pemandangan indah. Saking indahnya, sinar itu dinamakan cahaya surga.

Penjelajahan Anda di dalam perut bumi kali ini pasti tidak akan terlupakan. Jangan lupa membawa kamera untuk dokumentasi. Ajak juga kerabat Anda, agar mereka tahu cantiknya alam Indonesia.


[imagetag] Cahaya surga di Gua Jomblang (Elzam Zami Cimot/ACI)

Cahaya surga di Gua Jomblang (Elzam Zami Cimot/ACI)


[imagetag] Kegelapan abadi di Gua Jomblang (Elzam Zami Cimot/ACI)

Kegelapan abadi di Gua Jomblang (Elzam Zami Cimot/ACI)


[imagetag] Meluncur masuk ke perut bumi (Elzam Zami Cimot/ACI)

Meluncur masuk ke perut bumi (Elzam Zami Cimot/ACI)


[imagetag] Ini dia muluat gua sebagai awal penjelajahan (Elzam Zami Cimot/ACI)

Ini dia muluat gua sebagai awal penjelajahan (Elzam Zami Cimot/ACI)

www.menjelma.com 25 Apr, 2012

0 komentar on Menyaksikan Cahaya Surga di Gua Jomblang, Gunungkidul :

Posting Komentar