Komputasi Awan Mampu Selamatkan Eropa

[imagetag] Headline

Pihak Microsoft mengatakan bahwa teknologi cloud-computing atau komputasi awan dapat selamatkan Eropa. Wah, seperti apa?
Situasi perekonomian di Eropa saat ini mungkin dapat ditolong dengan teknologi komputasi awan, menurut Jean-Philipe Courtois, International President dari Microsoft.
"Komputasi awan; di mana akses bisnis untuk mengakses layanan komputasi berdasarkan provider yang tersentralisasi, dapat menjadi kunci untuk memicu perekonomian di Eropa," ujar Courtois.
Ia pun menambahkan, bahwa komputasi awan merupakan salah satu pergantian teknologi terbesar dalam beberapa tahun terakhir. "Anda tidak lagi perlu membeli peralatan IT berteknologi tinggi," katanya.
[imagetag] http://businessblog.winweb.com/wp-content/uploads/2010/04/Cloud-computing.jpg
Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.
Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (di awan) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
Courtois memaparkan, ketimbang menginvestasikan banyak uang untuk infrastruktur TI, kini sektor bisnis dapat memilih solusi komputasi awan berbayar, sesuai dengan keinginan. Solusi ini juga dapat mendukung bisnis skala kecil dan menengah, yang merupakan jantung perekonomian Eropa.
"Kita bisa lihat bahwa betapa banyak unit bisnis yang kini beralih ke cloud. Hal itulah yang perlu dilakukan di negara yang sedang mengalami resesi," ungkap Courtois.
Dipaparkan oleh Courtois bahwa komputasi awan juga memungkinkan pengguna untuk menghemat banyak tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan.
"Kami menyebutnya sebagai dunia baru pekerjaan, karena tidak semua manusia bekerja bersama-sama di dunia nyata secara fisik. Teknologi ini juga memungkinkan pemerintah untuk menjadi lebih kompetitif," kata Courtois.
"Jika anda melihat kondisi perekonomian Eropa saat ini, mungkin tak terlihat bagus. Tapi saya yakin kalau teknologi komputasi awan dapat membantu transformasi perekonomian wilayah kita," pungkasnya.
[imagetag] http://cdn.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2009/11/microsoft-windows-azure.jpg


ZEE 30 Apr, 2012

0 komentar on Komputasi Awan Mampu Selamatkan Eropa :

Posting Komentar