Tak Miliki Rambut Keriting, Penobatan Miss Fiji Tuai Protes


[imagetag] http://www.berita.manadotoday.com/wp-content/uploads/2012/04/Miss-Fiji.jpg
Kontes Miss Fiji telah menuai protes dari masyarakat karena telah menobatkan seorang gadis remaja berdarah campuran sebagai pemenang kontes tersebut.
Kemarahan ini juga dilatar belakangi karena sang gadis pemenang kontes dianggap 'tidak terlihat seperti orang pribumi' sebab ia tidak memiliki rambut keriting.
Torika Watters, yang merupakan keturunan campuran Eropa dan Fiji, telah dipilih oleh supermodel Rachel Hunter dan juri non-Fiji sebagai pemenang kontes Miss Fiji, dan pilihan itu telah menyebabkan kemarahan di kalangan populasi bangsa yang mayoritas berkulit gelap itu.
[imagetag] http://www.fijilive.com/newsfiles/homebox/41932.jpg
Banyak orang mengeluh bahwa Watters tidak punya hak untuk mendapatkan mahkota Miss Fiji karena dia tidak memiliki 'buiniga', sebutan lokal yang digunakan untuk menggambarkan gaya rambut keriting alami Fiji.
Halaman Facebook resmi Miss World Fiji dipenuhi dengan ratusan komentar yang berisi kebencian dan terpaksa harus dihapus.
Orang-orang menkritik kulit pucat milik Watters, dan juga mengatakan bahwa mahkota tersebut seharusnya diserahkan kepada seseorang yang "lebih mirip" Fiji.
Penyelenggara kontes Miss World Fiji, yang diselenggarakan di Ibukota Suva, mengatakan mereka telah dibombardir dengan komentar negatif setelah Watters (16) memenangkan gelar tersebut, mengalahkan para kontestan yang asli dari Fiji.
Juru bicara kontes tersebut bersikeras bahwa kritik keras tidak akan mempengaruhi keputusan.
"Dalam beberapa hari terakhir kita dipenuhi kritik dan komentar negatif dari orang-orang kita sendiri," kata juru bicara itu.
Komentar-komentar negatif adalah referensi untuk kekacauan politik yang sangat memukul industri pariwisata negara kecil di Pasifik tersebut dalam beberapa tahun terakhir.
"Nenek moyang kami mempromosikan kebersamaan dan menghargai, namun sayangnya hal ini makin tidak jelas dalam masyarakat kita sekarang," tambah jurubicara tersebut.
Diketahui, kontes Miss World 2012, akan diadakan di Mongolia pada 18 Agustus anti.
[imagetag] http://blu.stb.s-msn.com/i/9D/941E787E3898C67F499D923785F.jpg


ZEE 30 Apr, 2012

0 komentar on Tak Miliki Rambut Keriting, Penobatan Miss Fiji Tuai Protes :

Posting Komentar