Toyota Land Cruise FJ40 1959

Sebuah Jip Full Spec Diciptakan Untuk Seorang Pemula

JIP - Kemampuan tentu tidak bisa didapatkan secara instan, harus melalui proses dan praktek yang panjang, begitupun untuk menjadi seorang off-roader ulung. Namun proses ini bisa diakselerasi dengan dukungan piranti dan sarana yang baik dan tepat.

Phill Handerson dengan jujur mengakui bahwa dirinya merupakan pemula dalam dunia off-road, sebuah dunia baru yang telah memikat hatinya. Keterbatasnnya tak lantas membuat pria berkebangsaan Amerika menyerah dengan kondisinya. Sadar akan keterbatasannya, iapun berupaya mengejar dengan mengupgrade tunggangannya.

Pilihan Phill cukup jatuh pada Toyota Land Cruiser FJ40 dan dianggap cukup realistis karena persoalan sparepart yang relatif lebih mudah didapat dibanding kendaraan Amerika. Namun Wawan selaku modifikator tak langsung membuka kran modifikasi secara penuh, melainkan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan Phill.

Dapat dikatakan bahwa jip ini memiliki spesifiksi fullspec namun belum sampai topspecnya. Segalanya telah diperhitungkan pada modifikasi jip ini dan seiring dengan semakin berkembangnya kemampuan Phill, maka jip ini dengan mudah akan dikembangkan hingga kondisi topspecnya.
 
Mesin
Tak nampak lagi bongkahan mesin F jantung tenaga asli jip ini, sebagai gantinya satu unit mesin 6 silinder berkode 2F dengan kapasitas 4.2 liter nangkring di dalam engine bay. Tenaga dan torsi mesin ini dirasa cukup bagi Phil yang mengaku baru mencicipi dunia off-road.     

Gardan 
Gardan merupakan sumbangan dari keluarga besar Land Cruiser. Gardan depan merupakan sumbangan dari Land Cruiser tahun 80-an sedangkan gardan belakang dicomot dari Land Cruiser 60 series. Final gear 4,88  : 1 pun dipatok sebagai pengisi gonggol gardannya.

Interior
Interior sederhana dan fungsional menjadi ciri jip ini. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, penumpang dan pengendara terlindungi oleh rollbar 6 titik dari bahan seamless.

Ruang belakang
Di belakang ruang kabin selain dijejali dengan tangki bensin custom dari bahan allumunium juga dipergunakan sebagai cargo area.

Spesifikasi
 
 Mesin  Toyota 2F,  6 silinder  inline 4280cc
 Karburator  Holley
 Cam   260°
 Alternator  120 amp
 Pengapian   CDI Porter
 Coil  MSD Blaster
 Kabel busi   Split Fire 8mm
 Starter        Hi- torque
 Girboks  Toyota Land Cruiser J30 3 speed manual
 Tranfercase  Toyota 2 speed part-time
 Gardan  TLC seri 40 (depan) / TLC seri 60 (belakang)
 Final gear  4.88 : 1
 Locker        Detroit Locker (belakang)
 Sokbreker    Procomp MX-6
 Per        TLC seri 40
 Power steering  TLC seri 60
 Stir  MOMO
 Rem  OEM Land Cruiser (depan) / Mitsubishi Pajero (belakang)
 Cutt-off  Flamming River
 Swicth       Aircraft
 Rollcage  6 titik seamless sch 40
 Pelek  Centerline
 Ban     Simex Extreme Trekker 35x10.5xR15
 Tangki    Alumunium custom
 Jok    Sparco
 Seatbelt     Crow Enterprise
 Winch  Warn 8274 M-50
 Fender   Custom
 Bumper  Custom
 Tire hanger     Custom
 Side bar   Custom
 Bengkel    Innotech
  Jl. Cirendeu Raya no 36
  Telp. (021) 747.05959 

sumber : otosport.otomotifnet.com

0 komentar on Toyota Land Cruise FJ40 1959 :

Posting Komentar