Teknologi

Trend iPhone di Skuter Elektrik, Masih Riskan Untuk Indonesia


Aplikasi iPhone di Skutrik Mini (kiri), aplikasi iPhone di Skutrik Smart (kanan)
Dua perusahaan mobil asal Jerman yakni Mini dan Smart belum lama ini meluncurkan skuter elektrik (skutrik) konsep mereka. Kedua jagoan ramah lingkungan ini memiliki persamaan mendasar. Yaitu penggunaan smartphone sebagai pengatur seluruh fitur elektronik di roda dua listrik ini, bahkan sebagai kunci! Nampak jelas di Smart eScooter concept menggunakan iPhone 4.

Dalam salah satu penampakan Mini eScooter concept, nampak jelas penggunaan smartphone full touchscreen sejenis iPhone tersebut. Gadget ini tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk kecepatan dan kunci namun juga sebagai sistem anti maling, navigasi, peta, musik dan bahkan menelepon ketika berkendara.

Fitur yang paling keren dari skutrik Mini tersebut adalah sistem navigasi komunikatif yang bekerja sama dengan Google Maps. Sehingga pengendara dapat menemukan sesama pengguna kendaraan dengan fitur tersebut. Akan sangat berguna, ketika pemilik kendaraan lupa dimana memarkir kendaraan yang hilang. Bahkan “tracking” dan mengejar orang yang mencuri motor ini.

Jika tidak cukup, fitur smartphone di skutrik Mini dapat memberikan informasi lalu lintas yang terintegrasi. Sehingga begitu ada kemacetan di rute perjalanan, pengendara dapat segera mengetahuinya. Atau menemukan parkir khusus kendaraan elektrik yang memiliki fasilitas charge.

Tidak mau kalah, Smart juga menggunakan iPhone 4 sebagai kunci motor. Cukup dengan menaruh iPhone di dashboard yang tersedia. Maka skutrik Smart siap dikendarai dan alarm langsung non aktif dengan sendirinya. Ketika tersambung, iPhone 4 ini secara otomatis menjalankan program aplikasi Smart. Tampilan awal yang akan muncul adalah keadaan baterai, speedometer dan panah navigasi.

Bisa diperkirakan, spesifikasi fitur kedua motor ini tidak beda jauh. Bahkan sangat mungkin untuk upgrade atau saling tukar aplikasi fitur. Namun yang jadi kendala adalah ketika smartphone itu hilang, dicuri atau rusak bagaimanakah nasib kendaraan tersebut. Atau masalah keamanan saat berkendara, jika disini bukan tidak mungkin iPhone dijambret di lampu merah.

Belum lagi kekhawatiran ketika hujan, akankah gadget ini tahan air? Itu semua masih jadi kendala utama untuk kondisi Indonesia. 

Sumber :  motorplus.otomotifnet.com

0 komentar on Teknologi :

Posting Komentar