Teknologi

Desain Helm Del Rosario, Pakai Gel Untuk Gantikan Styrofoam

Standar keamanan produk helm dunia yang menggunakan beberapa bahan seperti composite fiberglass atau composite carbon untuk bagian luarnya, adalah sudah biasa. Namun untuk urusan bagian dalam, helm yang satu ini tergolong unik. Karena mengaplikasi cairan gel sebagai pengganti styrofoam atau gabus helm. Katanya sih gel ini lebih aman ketimbang menggunakan styrofoam, benar enggak sih…!

Menurut klaim Del Rosario selaku desainer helm ini, bahwa aplikasi cairan gel yang sebagai pelindung bagian dalam helm, bisa meredam dampak benturan yang lebih besar ketimbang styrofoam. Selain itu aplikasi model helm juga bisa lebih ngepas dan tidak terlalu tebal jaraknya dari permukaan kepala yang menempel pada bagian dalam helm.

Bobotnya pun lebih ringan daripada helm konvensional yang masih menggunakan styrofoam sebagai pelindung bagian dalamnya. Namun ada tiga bagian utama, yang membuat helm ini jadi lebih kuat dan futuristis dibanding helm sebelumnya.
Yang pertama adalah layer bagian dalam yang menggunakan gel. Dimana gel ini lebih ampuh meredam getaran dan gangguan lain yang biasanya tidak terdapat pada helm yang banyak beredar saat ini. Jika penggunaan styrofoam membuat pengendara kurang nyaman saat mengendara jarak jauh, tidak demikian dengan helm futuristis yang satu ini. Apalagi bobotnya juga lebih ringan.

Lapisan kedua yang membuat helm ini lebih kuat, karena dilengkapi dengan kerangka pengaman yang terdiri dari multilayer laminasi liner yang cukup fleksibel namun sangat kuat menahan impact dan tubrukan yang keras.

Kemudian lapisan ketiga dan paling luar adalah carbon frame yang sangat kuat, sebagai prosedur sistem keamanan standar pada helm futuristik ini. Selain tingkat kekuatan tinggi yang melahirkan kenyamanan dalam menggunakannya, bahan ini juga bisa mereduksi bobot helm yang cenderung menjadi penyebab pengendara jadi malas menggunakan helm fullface.
Hasil kombinasi tiga bahan ini, diklaim memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi ketimbang helm konvensional, yang menggunakan styrofoam pada bagian dalamnya. Jika helm konvensional bisa menahan tubrukan dengan nilai paling tinggi 60-80 joule, helm Del Rosario ini diklaim bisa menahan tubrukan dari 60-100 joule. Hmm, tentunya ini adalah kekuatan yang sangat presisi.

Daya tarik lain yang membuatnya cukup menarik, yaitu mengaplikasi model yang cukup unik. Terinspirasi dari helm yang digunakan di film-film, seperti Akira, Blade Runner dan Mad Max. Visornya pun dibuat dari bahan yang sangat berkualitas, sehingga dari luar penampakannya cukup gelap, namun dari bagian dalam visibilitas tetap diutamakan. Sehingga tidak akan membuat pengendara cepat lelah.

Sayangnya untuk memproduksi helm ini, diperlukan investor atau produsen yang benar-benar berambisi terhadap produk baru. Dan investor tersebut juga setidaknya mempunyai misi yang sama untuk pengembangan peranti pengaman kepala ini.

Sumber :  motorplus.otomotifnet.com

0 komentar on Teknologi :

Posting Komentar