Kehabisan Kata-kata di 5 Surga Diving di Indonesia Ini



[imagetag] Indahnya bawah laut Takabonerate (lintangbuanatours.com)

Indahnya bawah laut Takabonerate




Decak kagum selalu terlontar ketika Anda selesai menyelami alam bawah laut perairan Indonesia. Tapi, jika menyelam di 5 tempat ini, mungkin Anda akan kehabisan kata-kata untuk memujinya.

Laut di Indonesia memang selalu menarik untuk diselami. Lautnya yang biru, pantainya yang bersih dan terutama alam bawah lautnya yang indah, selalu menarik perhatian siapa saja untuk menyelaminya.

"Keren!", "Menakjubkan!", "Luar Biasa!", mungkin itulah kata-kata yang sering keluar dari mulut Anda setelah menyelam di dalamnya laut Indonesia. Tapi jangan bilang alam bawah laut Indonesia luar biasa kalau belum datang ke 5 tempat ini.

Disusun detikTravel, Rabu (2/5/2012), berikut adalah 5 surga diving di Indonesia, yang dijamin membuat Anda kehabisan kata-kata:

1. Raja Ampat, Papua Barat


Peringkat pertama masih ditempati Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Keindahan alam bawah lautnya sudah terkenal hingga mancanegara. Tak jarang pula turis mancanegara sengaja datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi indahnya alam bawah laut Raja Ampat.

Keindahan Raja Ampat memang bukan main-main, Raja Ampat pun disebut-sebut sebagai karya agung Tuhan. Wayag, gugusan gunung karang yang mencuat dari lautan, diyakini lebih indah dari Halong Bay milik Vietnam. Jika apa yang ada di atas laut sudah mempesona Anda, tunggu sampai Anda menyelam ke dalam lautan biru jernih di Raja Ampat.

Terumbu karang dengan aneka biota laut yang cantik, akan membuat Anda jatuh cinta. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai jenis hard coral dan ikan kecil berwarna-warni cantik. Tidak hanya itu, ada juga teripang dan yang menakjubkan adalah hiu karpet. Seru!


[imagetag] Cantiknya Alor (Maxie Ellia/ACI)

Cantiknya Alor





2. Alor, NTT


Peringkat kedua diduduki oleh Kepulauan Alor di NTT. Di sana, Anda bisa melihat ikan aneka warna juga makhluk laut lainnya. Jangan kaget begitu menyelam, Anda bertemu dengan paus, hiu, pari, mola-mola sampai yang kecil seperti ikan napoleon, dan masih banyak lagi.

Perairan Alor yang sangat jernih menambah daya tarik alam bawah laut kepulauan ini. Saking jernihnya, jarak pandang di perairan ini mencapai 40 meter. Saat menyelam, dijamin waktu seolah berhenti saat Anda menyelam di sini.

3. Morotai, Maluku Utara


Setelah Raja Ampat dan Alor, saatnya menyelam ke Morotai di Halmahera, Maluku Utara. Morotai adalah salah satu pulau terluar di Indonesia. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun seperti banyak orang bilang, Morotai adalah 'kecil-kecil cabe rawit'. Keindahannya menggigit.

Banyak orang bilang, Morotai adalah surga di timur Indonesia. Hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Semuanya luar biasa indah, dengan perairan jernih berwarna biru tua. Biota lautnya tak terhingga, hidup di antara terumbu karang yang terawat dan bekas-bekas reruntuhan kapal. Keren!

4. Togean, Sulawesi Tengah


Togean adalah sebuah kepulauan yang terletak di wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Kepulauan ini memiliki gugusan kepulauan cantik dan dipenuhi oleh rimbunan pohon, mirip seperti yang ada di Raja Ampat.

Taman bawah laut Kepulauan Togean sangat indah, saking indahnya bisa dibilang Togean adalah surga bagi para penyelam. Saat menyelam, Anda akan disuguhkan dengan keindahan terumbuh karang yang masih terawat. Tidak hanya itu, aneka ikan berbagai warna juga siap menemani penyelaman Anda.

5. Takabonerate, Sulawesi Selatan


Wajib hukumnya bagi para penyelam, baik pemula maupun profesional, untuk mendatangi tempat ini. Taman Nasional Takabonerate merupakan kawasan konservasi yang menyandang predikat sebagai surga atol ketiga terbesar di dunia. Letaknya di Kabupaten Sulawesi Selatan, di mana beberapa pulau terumbu karang tersebar di area seluas 500 kilometer persegi.

Ada 15 pulau karang yang bisa Anda jadikan titik penyelaman. Bagi para diver, baik itu pemula maupun profesional, Taman Nasional Takabonerate akan memompa adrenalin ke seluruh tubuh Anda. Pulau-pulau karangnya datar, cocok bagi para diver pemula dan aktivitas snorkeling. Tapi jika mengaku diver profesional, jangan lewatkan titik penyelaman di Pulau Tinabo.


[imagetag] Reruntuhan kapal di bawah perairan Morotai (javabackpacker.blogspot.com)

Reruntuhan kapal di bawah perairan Morotai



Dengan kedalaman 30-50 meter, Anda bisa menemukan beragam hewan seperti cacing laut, Nudibraches yang berwarna-warni, udang-udangan, juga terumbu karang aneka warna di hampir tiap penyelaman. Ini adalah titik wajib kunjung bagi para fotografer bawah air profesional. Jika beruntung, Anda bisa menemui Eagle Ray, Manta Ray, bahkan hiu yang melintas di atas kepala!


[imagetag] Indahnya bawah laut Raja Ampat (dok. Wilman Latief/dtraveller)

Indahnya bawah laut Raja Ampat



[imagetag] Pantai dekat Danau Ubur-ubur (dok. Bagus Sangaji Riwanto/ACI)

Pantai dekat Danau Ubur-ubur




UNIC 02 May, 2012

0 komentar on Kehabisan Kata-kata di 5 Surga Diving di Indonesia Ini :

Poskan Komentar