Facebook Merajai Dunia Situs Jejaring


Fenomena facebook yang akhir-akhir ini booming di indonesia begitu dipadati penggemar yang saat ini mencapai puluhan juta anggotanya. Facebook sebagaimana slogannya membantu mempertemukan dengan orang-orang yang anda cintai telah merajai situs jejaring social dunia maya saat ini sebagaimana berita yang saya sempat baca beberapa bulan lalu. Bahwa Facebook saat ini adalah situs jejaring social terbesar dunia. Dimana pemilik akunt Facebook saat ini telah menembus angka lima ratus juta. Sebanyak seratus empat puluh enam juta pemilik akunt Facebook ini merupakan warga Amerika serikat dan Indonesia merupakan pemilik kedua terbanyak akunt Facebook dengan pengguna sebanyak tiga puluh dua juta. 

Situs jejaring social Facebook ini bukan merupakan yang pertama karena sebelumnya sudah ada situs jejaring social seperti Facebook. Sebelumnya situs jejaring social yang pernah booming adalah MLRC yang mendunia dipenghujung tahun 90-an sampai awal 2000-an namun setelah itu penikmat situs tersebut tenggelam setelah yahoo juga membuat situs jejaring. Dan MLRC ini benar-benar memudar setelah Facebook muncul. Kemunculan facebook ini di Indonesia begitu menggemparkan hingga sepertinya Indonesia jadi perhatian sampai facebook berbahasa indonesiapun ada. Tak heran kalau pendapatan situs ini cukup menggelembung. Dari beberapa data menyebutkan bahwa keuntungan yang diperoleh situs jejaring social facebook ini pada tahun 2008 yang lalu mencapai angka tigaratus juta dolar amerika. Dari pantauan Facebook sendiri mengungkapkan bahwa lebih dari seratus empat puluh juta pemakai aktif di seluruh dunia, bahkan foto yang di upload setiap harinya mencapai delapan juta lebih. Banyaknya pemakai ini mendudukan Mark Zuckerberg sang penemu facebook pada peringkat ke tiga puluh lima, orang terkaya di amerika dengan kekayaan sebanyak US$ 6,9 miiar atau setara Rp 61,8 triliun.


Dunia facebook saat ini rasanya seperti dunia kedua, dimana dalam Facebook ini, penikmat Facebook ini berasal dari semua lapisan masyarakat. Sehingga kehidupan Facebook walaupun hanya dunia maya tapi rasanya seolah berada dalam dunia nyata. Sebelumnya facebook hanya merupakan situs jejaring antar individu, sekarang kondisi itu mulai bergeser. Sekarang dunia facebook tidak sempit lagi hanya sebatas hubungan antar individu atau kelompok tetapi saat ini facebook dilihat pelaku ekonomi sebagai sebuah pasar untuk memasarkan produk mereka, bahkan pelaku politik dan lain sebagainya melihat dunia facebook ini sebagai sarana mereka untuk mencapai tujuan-tujuan mereka.

Saya melihat bahwa facebook ini bukan hanya sebatas situs jejaring social ataupun melihantnya sebagai pasar atau panggung politik. Tapi facebook merupakan dunia yang paling bagus untuk mempelajari dan menyelami pemikiran orang lain. Dimana dalam facebook ini berbagai karakter terlihat di sini, kita bisa memahami seperti apa seseorang saat dia lagi emosi, atau kita memahami ketika seseorang berusaha membuat berbagai sandiwara yang ia mainkan untuk di tujukan pada orang lain. Seseorang dengan pemikiran negative akan keihatan dari status yang ia buat, bahkan kedewasaan atau kecerdasan seseorang terukur di facebook ini saat ia menuliskan status karena apa yang ia tulis adalah hasil pemikiran dia. Tentu ini tidak berlaku bagi semua orang karena ada sebagaian yang hanya menjadikan facebook sebagai tempat untuk bercanda dan sebatas main-main.



Malang, 28 Juli 2011
Gang, 19 Kav. 7/7

0 komentar on Facebook Merajai Dunia Situs Jejaring :

Posting Komentar