Cara membuat anak menjadi percaya diri

anak percaya diri anak percaya diri akan cepat sukses

Cara membuat anak percaya diri – Percaya diri adalah salah satu modal paling penting dalam menjalani roda kehidupan. Tanpa memiliki rasa percaya diri maka seseorang akan menjadi terasing di dalam kehidupannya sendiri. Membangun kepercayaan diri sebaiknya dilakukan pada anak diusia dini. Sebab usia dini adalah waktu yang paling tepat untuk belajar bagi seorang anak. Peran orang tua adalah membimbing agar anaknya dapat menjalani kehifupan lebih baik. Berikut ini beberapa cara membangun rasa percaya diri pada diri seorang anak

Cara membuat anak percaya diri

1. Berikan keadilan

Jangan membandingkan seorang anak dengan saudara-saudaranya sebab dapat membuat anak menjadi merasa tidak nyaman dan merasa kurang percaya diri. Walaupun usia anak anda berbeda jauh tetapi tetaplah berikan yang adil bagi mereka berdua.

 

2. Arahkan bersosialisasi

Kemampuan sosialisasi seorang anak dapat dilihat ketika masih kecil. Ajarkan anak anda untuk bersoalisasi melalui permainan dengan teman – temannya. Ajarkan untuk menyapa temannya ketika bertemu di suatu tempat. Dengan demikian anak tidak akan merasa canggung untuk berbicara dan merasa percaya diri.

 

3. Kurangi jam nonton

Anak yang memiliki waktu nonton terlampau banyak dapat membuat seorang anak menjadi individualisme. Sehingga menyulitkan mereka untuk bergaul di lingkungan sosial. Sebaiknya anda mendampingi anak ketika menonton TV dirumah

 

4. Pilihkan mainan yang edukatif

Saat ini ada banyak sekali jenis permainan anak – anak . Namun sebagai orang tua maka kita harus bisa selektif dalam memilihkan anak mainan sehari – harinya. Pilihlah mainan yang sifatnya edukatif.

 

5. Ajak bertemu keluarga

Lingkungan sangat berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan diri seorang anak. Ajaklah selalu anak anda untuk berkunjung ke rumah sanak saudara. Disana seorang anak akan belajar bersosialisai dengan keluarganya. Semakin banyak orang yang dikenal anak maka rasa percaya dirinya akan meningkat pula.

 

6. Ajaka berkomunikasi

Sering mengajak anak berkomunikasi dapat membantu anak dalam memberanikan diri mengungkapkan pendapatnya. Janganlah terlalu menjaga jarak antara orang tua dan anak sebab sebagai makhluk social seorang manusia sangat membutuhkan komunikasi satu dengan yang lainnya.

 

Anak adalah aset masa depan kita. Bila salah dalam merawat mereka maka akan menyengsarakan dirinya sendiri dimasa depan. Selamat mencoba baca juga Cara menghilangkan Bau Ketiak dan Cara mengecilkan Perut

photo : merdeka.com

0 komentar on Cara membuat anak menjadi percaya diri :

Poskan Komentar