Tips puasa ramadhan 2012 Mahasiswa seorang diri

Tips Puasa ramadhan 2012 - Ramadhan bulan yang istimewa, seluruh manusia sangat merindukan bulan ramadhan. Akhirnya tahun ini kita masih sempat bertemu kembali dengan bulan ramadhan. Banyak yang istimewa dengan bulan ini karena dibulan ramadhan saatnya pahala ibadah di lipatgandakan pahalanya, saatnya bisa liburan dari rutinitas dan saatnya bisa bertemu dengan keluarga keluarga besar. Tetapi hal itu belum tentu di rasakan oleh mahasiswa, sebagian besar mahasiswa justru tidak sempat liburan dan pulang kampung. Berbagai rintangan dilalui mahasiswa ketika berpuasa seorang diri di kampung halaman orang lain.Setidaknya itu yang saya alami selama 3 tahun berpuasa seorang diri selama mahasiswa. Tetapi sisi baiknya, disinilah sebenarnya kita bisa merasakan puasa yang sebenar-benarnya puasa, berbeda sekali ketika bersama keluarga seolah-olah puasa tidak ada tantangannya. Kali ini saya akan berbagi beberapa tips berpuasa seorang diri selama menjadi mahasiswa.
ramadhan 2012
Cara agar tidak terlambat bangun sahur
Sahur seorang diri merupakan hal yang sangat sulit dilakukan ketika seorang diri,bagi yang sudah terbiasa bangun jam 3 subuh mungkin bukanlah menjadi masalah. Selain itu kita harus masak sendiri menu sahur kita. Nah agar tidak terlambat bangun sahur lakukanlah tips -tips berikut
1 Jangan begadang. walaupun begadang terkadang menjadi hobi bagi mahasiswa maka selama ramadhan usahakanlah untuk menghindari begadang. Shalat tarawih biasanya selesai pada jam 9 sampai jam 10 malam, sementara kamu mesti bangun lagi pada jam 3 dinihari, artinya jika kamu begadang maka waktu tidur mu akan berkurang belum lagi jika kamu mesti kuliah pagi hari bisa jadi karena begadang kamu akan terlambat sahur dan terlambat kuliah di kampus.
2.Hindari makan terlalu kenyang, walaupun disiang hari kamu merasa sangat lapar, tetapi jangan jadikan malam mu untuk balas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya. Tidur dalam keadaan perut kenyang sangat tidak dianjurkan, selain bisa menyebabkan kegemukan hal tersebut juga bisa membuat kamu terlambat bangun sahur nantinya.

Cara agar tidak loyo saat berpuasa ramadhan
Berpuasa membuat tubuh kita terasa loyo dan kurang semangat untuk beraktivitas. Agar tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa loyo adalah dengan melakukan hal -hal berikut ini.
1. Kurangi tidur. Walaupun tidurnya orang yang berpuasa itu adalah ibadah tetapi sebaiknya jangan tidur yang berlebihan, bnyak mahasiswa yang beranggapan dengan tidur dapat mengurangi rasa loyo, saya justru merasakan badan yang terasa sangat lelah ketika bangun tidur siang maupun sore hari saat berpuasa. Sebaiknya hari-hari kamu diisi dengan mengikuti kegiatan di kampus atau sekedar jalan - jalan dan membaca buku di perpustakaan.
2. Sahur dengan makanan bergizi. makan cukup gizi saat sahur adalah dilema bagi seorang mahasiswa. Sebab kebanyakan mahasiswa tidak memiliki cukup dana untuk mengkonsumsi cukup makanan bergizi. Sahur menggunakan telur atau ikan adalah pilihan terbaik daripada membeli sebungkus mi instan. mi instan memang dapat membuat perut kenyang, tetapi seberapa lama?


Tips berbuka puasa ala mahasiswa
Berpuasa bagi seorang mahasiswa benar menjadi perjuangan, setelah melewati berbagai rintangan puasa mulai dari sahur sampai sore menjelang buka puasa. Terkadang mahasiswa kembali tidak memiliki dana untuk membeli tajil untuk berbuka puasa, oleh karena itu lakukan hal-hal berikut ini agar buka puasa kamu menjadi menyenangkan dan suasananya tidak kalah dikampung halaman.
1. Berbuka di masjid. Masjid-masjid biasanya menyediakan tajil sebagai menu berbuka puasa. Ada 2 keuntungan berbuka puasa di masjid, selain bisa mendapatkan tajil gratis, kita bisa langsung ikut shalat maghrib berjamaah, dan juga suasanya akan ramai seperti puasa dikampung halaman.
2. Aktif mencari kegiatan buka puasa bersama di kampus. Terkadang teman-teman dan organisasi - organisasi di dalam kampus mengadakan buka puasa bersama,sehingga selain bersilaturahmi dengan teman-teman sekampus, kamu juga bisa dapat buka puasa gratis.
Berpuasa sendiri memang merepotkan dan banyak rintangannya, tetapi dari situlah kamu akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga, semoga puasa ramadhan tahun ini membawa berkah bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia

0 komentar on Tips puasa ramadhan 2012 Mahasiswa seorang diri :

Posting Komentar