Berhentilah Mengkritik, Mulailah Menolong

Kita akan memiliki lebih banyak "waktu" dengan tidak mengkritik. Setiap orang memahami sesuai dengan prasangkanya. Dan mereka berhak mempertahankan pendiriannya.

Jadi untuk apa membebani diri kita dengan mengkritik apa yang terjadi pada diri orang lain. Kita tak selalu memahami segala sesuatu yang orang lain perbuat.

Mungkin saja kita tidak melihat sesuatu yang dilihat orang lain. Namun, keterbatasan pikiran kita mengaburkannya sehingga seolah kita yang melihat sesuatu yang tak dilihat orang lain.

Bila perahu kita bocor di tengah lautan. Kritik kita pada si pembuat perahu tidak akan menolong kita dari ketenggelaman. Kita harus menambal lubang itu atau terjun ke air untuk berenang. Ini akan menolong kita sendiri.

Semua tindakan kita merupakan tabungan bagi diri kita sendiri, yang akan kita tarik kelak. Dan seburuk-buruknya simpanan adalah kecaman. Sedangkan pertolongan selalu memberikan bunga yang terbaik.

:: Bersikaplah jujur. Sungguh jauh berbeda antara mengecam dengan menolong. Kecaman melemahkan. Sedangkan pertolongan memperkokoh. Dan itu berlaku bagi yang memberi maupun yang menerima.

0 komentar on Berhentilah Mengkritik, Mulailah Menolong :

Posting Komentar