Tips Gratis Biaya Tahunan (Annual Fee) Kartu Kredit

[imagetag]Bagi pemilik kartu kredit, biaya tahunan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan baik-baik. Biaya tahunan (annual fee) merupakan biaya administrasi yang dikeluarkan oleh pihak Bank yang harus dibayarkan oleh pemegang kartu kredit. Secara simpelnya biaya keanggotaan atas manfaat yang diberikan pemegang kartu kredit. Tapi, bagi pemilik kartu kredit, biaya ini terkadang menjadi ganjalan tersendiri, selain bunga pembelanjaan, ataupun denda keterlambatan.

Padahal secara logika, pemegang kartu kredit sudah diberikan fasilitas yang menarik dan unik oleh pihak, dan hanya dikenakan biaya tahunan untuk administrasi sebagai biaya keanggotaan, tapi mungkin karena sudah sifat alamiah manusia selalu ingin mendapatkan yang gratis, jadi segala cara dilakukan untuk menghilangkan biaya tahunan (annual fee)...heheheheh


Tips Gratis Biaya Tahunan (Annual Fee) :
  1. Negosiasi. Menghubungi pihak CS (Customer Service) Bank penerbit kartu kredit untuk menegosiasi ulang mengenai biaya tahunan, coba negosiasikan langsung, atau ancam untuk tutup sekalian kartu kreditnya ke bagian penutupan. Kondisi ini bisa berjalan lancar, dengan kondisi pemakaian dan pembayaran kartu kredit anda baik, tidak ada kredit macet, karena dengan posisi tawar demikian, menunjukkan anda pemegang kartu kredit yang kredibel, sangat disayangkan oleh pihak Bank untuk kehilangan nasabah kartu kreditnya.
  2. Pembelanjaan. Untuk beberapa jenis kartu kredit, dengan melakukan pembelanjaan nominal tertentu akan membuat sistem biaya tahunan hilang secara otomatis. Misalnya saja kartu kredit GE Shopping Card, anda melakukan 1x saja pembelanjaan minimal Rp.100.000 akan membuat anda bebas biaya tahunan. Adalagi kartu kredit HSBC, anda akan bebas biaya tahunan selamanya, jika anda terus menggunakan kartu kredit tersebut dengan nominal berapapun. Jika dikemudian hari didapatkan tagihan biaya tahunan, anda bisa langsung menggunakan cara no.1 dan menegosiasikan langsung ke CS, menagih janji yang sudah diberikan sebelumnya untuk membebaskan biaya tahunan.
  3. Menukar Reward Point. Tiap jenis kartu kredit memiliki reward point, yaitu sejenis point atau nilai tambahan atas penggunaan kartu kredit anda. Point ini didapat dari nilai transaksi yang anda gunakan. Biasanya setiap transaksi senilai Rp.2000 akan mendapatkan 1 point, jadi misalkan anda berbelanja Rp.100.000 maka anda akan mendapatkan 50 point. Jika sudah terakumulasi, point-point tersebut bisa anda gunakan untuk mendapatkan barang/produk yang ditawarkan atau bisa anda gunakan untuk membebaskan biaya tahunan.
Sebenarnya  masih banyak lagi beberapa cara untuk membebaskan biaya tahunan ini. Tapi ini adalah cara yang umum untuk dilakukan, saya pun sudah 1 tahun ini dari kartu kredit yang umurnya sudah 1 tahun adalah dari BCA, saya ternyata bebas biaya tahunan lagi karena faktor no.2 yang sudah saya jelaskan diatas. :)

Lumayankan, setidaknya 1 biaya tambahan bisa dihilangkan dan keuntungan lebih dari kartu kredit bisa tetap dinikmati. Jadi siapa bilang punya kartu kredit itu menyusahkan hidup? Semua ada cara dan tempatnya jika kita ingin mempelajarinya.Semoga menambah wawasan kita semua


http://www.kartukreditku.info/2011/03/tips-gratis-biaya-tahunan-annual-fee.html

0 komentar on Tips Gratis Biaya Tahunan (Annual Fee) Kartu Kredit :

Posting Komentar