Ponsel & Pesawat, Pasangan Tak Pernah Akur

[imagetag] Headline

Harus mematikan ponsel selama penerbangan memang menjengkelkan. Ide sinyal ponsel menganggu pesawat pun terdengar menggelikan. Namun fakta mengatakan hal lain.

Sinyal ponsel memang benar-benar bisa menyebabkan pesawat hilang kendali dan jatuh. Sinyal elektronik dari ponsel dan perangkat elektronik lain berdampak pada kemampuan pesawat untuk menjaga Anda dan pesawat itu sendiri tetap terbang.

Dalam sebuah laporan rahasia yang bocor pada ABC News pada 2011, International Air Transport Association (IATA) menulis, di 2003-2009 sinyal elektronik menyebabkan 75 insiden 'interferensi elektronik' pada pesawat, 40% di antaranya terutama karena ponsel.

[imagetag] http://oketips.com/wp-content/uploads/2012/02/ponsel-pesawat.jpg

Menurut ABC News, masalah yang diciptakan 'gangguan' ini mempengaruhi aspek penting seperti perjalanan udara sebagai autopilot, roda pendarat dan navigasi. Hal-hal ini sering digambarkan menakutkan seperti, 'Autopilot mati dengan sendirinya,' 'GPS tak membaca dengan benar'dan 'orang di kursi 16F masih bermain Angry Birds.'

Namun, menurut juru bicara IATA Chris Goater, masalah ini tak selalu disebabkan ponsel. "Kita tak bisa mengatakan dengan pasti perangkat ini menyebabkan gangguan namun ada laporan anekdotal yang cukup dari para pilot untuk memunculkan kekhawatiran ini," katanya.

Bahkan, ahli penerbangan dari ABC News, seorang mantan pilot di Angkatan Udara (AU) dan komersial, menyatakan keraguannya, "Pilot seperti saya mengira melihat sesuatu namun tak bisa menentukannya apa itu secara khusus. Dan cerita yang merajalela itu tak cukup, mengingat ada 32 ribu penerbangan tiap hari di AS yang butuh diyakinkan."

Artinya semua tidak tahu seberapa besar dampak sinyal ponsel pada pesawat sehingga menjadi argumen yang baik untuk mematikan ponsel. Namun, selama penerbangan kecelakaan bisa terjadi karena ponsel, sebaiknya kita mengikuti aturan itu.

Sangat mudah membayangkan sebuah penerbangan yang awalnya terkendali menjadi kacau, dan karena itu penerbangan butuh aturan tertentu meskipun aturan-aturan itu mungkin tampak konyol.

Selain itu, mematikan ponsel bisa membuat Anda tampak baik. Ini menunjukkan kecerdasan karena hal ini menunjukkan Anda tak berpikir Anda tahu segalanya mengenai segala sesuatu.


[imagetag] https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibNok_qZooTvOTqmLIpN2x2JsdeAF7rFZJz1MO_DpxqH2-Upto2aR66p13VPlkuQ6T837KIEVhetwlLknc9Nl1t4sZ5vecAkWpwwgBTlmrsA3s_S3_2wZWVqvXrzl8-amO6esoQ4PwlHw/s1600/small_52ponsel-di-pesawat.jpg

ZEE 08 Mar, 2012

0 komentar on Ponsel & Pesawat, Pasangan Tak Pernah Akur :

Posting Komentar