Persiapan Facebook Menghadapi Perang Terhadap Yahoo!

[imagetag] facebook vs yahooPersiapan Facebook Menghadapi Perang Terhadap Yahoo!  - Dalam menghadapi tuntutan yang dilayangkan Yahoo! terhadapnya, pihak Facebook tidak tinggal diam. Jejaring sosial itu sudah melakukan sejumlah persiapan.

Facebook mengkonfirmasi bahwa mereka baru saja kembali membeli paten-paten milik IBM, untuk memperkuat posisi mereka di perang hak paten saat ini. Facebook membeli sekira 750 hak paten software dan jaringan, dua pekan setelah Yahoo! menuntut bahwa Facebook memakai 10 paten mereka.


Meskipun begitu, pihak Facebook belum berani mengkonfirmasi pembelian paten yang dilakukan, sebagai persiapan menghadapi tuntutan Yahoo!. "Saya bisa mengkonfirmasi bahwa memang ada pembelian, namun saya tidak memiliki informasi detil lainnya untuk dibagikan," ujar Larry Yu, juru bicara Facebook.

Sama halnya seperti pihak IBM, yang juga tidak memberikan komentar resmi terhadap pembelian paten tersebut.

Yahoo! menuntut Facebook karena menganggap bahwa pihak Facebook telah melanggar 10 paten teknologi miliknya. Surat tuntutan tersebut dicatatkan di pengadilan District Court di San Jose, California. Beberapa paten yang menurut Yahoo! telah dilanggar adalah news feed, perpesanan, tampilan iklan, kendali privasi dan fitur pencegah penipuan.

"Facebook belum ada sebelum 2004, 10 tahun sejak berdirinya Yahoo!. Facebook kini telah tumbuh sebagai sebuah perusahaan yang besar, namun banyak paten teknologi Yahoo! yang digunakan oleh mereka," ujar pihak Yahoo, kala melayangkan tuntutannya.

Tuntutan yang dilakukan oleh Yahoo! tersebut mungkin bakal sedikit mengganggu Facebook, sebagaimana mereka sedang berencana melakukan IPO pada Mei tahun ini.

Yahoo! kini sedang berusaha bangkit dari keterpurukan mereka saat ini. Sebelumnya Yahoo! sempat meminta bayaran lisensi dari Facebook, karena telah menggunakan teknologinya, ungkap pihak Yahoo!.

Desakan pembayaran lisensi hak paten di dunia media sosial ini, menurut para pengamat, bakal memperluas kisruh yang sebelumnya sudah ramai di sektor industri gadget.

Pihak Yahoo! telah menegaskan klaim akan paten mereka, termasuk pada mekanisme teknis yang ada di iklan-iklan Facebook, pengendali privasi, news feed dan layanan perpesanan.

Menurut sebuah sumber, perwakilan dari kedua perusahaan telah bertemu dan berbincang-bincang mengenai 10-20 paten milik Yahoo!. Namun belum jelas berapa banyak jumlah uang yang diminta Yahoo! dari Facebook.Persiapan Facebook Menghadapi Perang Terhadap Yahoo!


0 komentar on Persiapan Facebook Menghadapi Perang Terhadap Yahoo! :

Posting Komentar