Orang Indonesia Rentan Terkena Diabetes Tipe 2

[imagetag] http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2008/04/15/food460x276.jpg

Nasi merupakan kebutuhan pokok paling utama di negara-negara Asia, tak terkecuali Indonesia. Namun tahukah anda bahwa menurut penelitian konsumsi nasi putih ternyata meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.
Menurut data dari empat penelitian yang melibatkan 350.000 orang, semakin banyak kita mengkonsumsi nasi putih, semakin tinggi pula resiko kita terkena penyakit diabetes tipe 2.
Fakta ini berasal dari sebuah review yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) yang mengamati dua studi dari Cina dan Jepang, serta dua penelitian lainnya dari AS dan Australia.
Orang Asia yang cenderung mengkonsumsi nasi putih jauh lebih tinggi yaitu rata-rata 3-4 porsi sehari dibandingkan dengan orang dari Barat dengan satu atau dua porsi nasi putih per minggu, membuat kita memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.
"Setiap kenaikan asupan nasi putih per hari dikaitkan dengan risiko diabetes." jelas Dr Qi Sun, peneliti dari Harvard School of Public Health, Boston.
"Ada baiknya mengkonsumsi nasi putih satu atau dua porsi per minggu. Meskipun konsumsi nasi yang begitu tinggi di negara-negara Asia akan meningkatkan risiko diabetes secara substansial." tambahnya.
Hubungan antara diabetes dan nasi mungkin dijelaskan oleh efek nasi putih pada kadar gula darah, karena relatif tingginya kandungan Glycaemic Index (GI), yang mengukur seberapa cepat glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah setelah makan.

Makanan rendah GI seperti beras merah membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah lebih stabil.

Review yang diterbitkan dalam British Medical Journal, mengambil faktor-faktor seperti berat badan, tingkat olahraga dan diet dari relawan. Dan selama penelitian, mulai dari usia empat hingga 22 tahun, sekitar 13.200 orang mengembangkan diabetes.
Catherine Collins, ahli gizi utama di Rumah Sakit St George, London, mengatakan peningkatan konsumsi nasi putih di antara orang Asia mungkin meningkatkan risiko diabetes, tapi bukanlah masalah bagi orang Barat. Karena bukan hanya konsumsi nasi orang Barat yang lebih rendah, tetapi juga perbedaan dalam pola makan dan gaya hidup.


[imagetag] http://thumbs.ifood.tv/files/images/eat_chinese_rice.jpg

[imagetag] http://www.morphealth.com/wp-content/uploads/2011/12/Eating-Rice.jpg

ZEE 18 Mar, 2012

0 komentar on Orang Indonesia Rentan Terkena Diabetes Tipe 2 :

Posting Komentar