Makanan Khas Indonesia Paling "Aneh"



Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya, flora dan faunanya. Nah, pada makanan juga ada beberapa masakan asli suatu daerah yang merupakan masakan khas daerah tersebut gan, yang mungkin juga dirasa aneh dan asing didengar untuk dimakan dari orang yang berasal dari daerah yang lain.

Bothok Tawon
Spoiler for Bothok Tawon:
[imagetag]

Makanan ini merupakan bothok dengan bahan dasar sarang tawon atau lebah. Rasanya ada yang pedas, manis dan asam segar. Bothok tawon masih bisa ditemui di daerah pedesaan jawa timur.

Lawar Bali
Spoiler for Lawar Bali:

[imagetag]

Lawar adalah makanan tradisional khas Bali yang bahannya dari daging babi, darah babi yang masih segar,parutan kelapa dan bumbu-bumbunya.Proses pengolahannya pun sangat unik yaitu daging babi yang diketek(potong2 halus) kemudian di campur dengan parutan kelapa dan bumbu khas serta yang terakhir dituangi darah segar babi untuk memberi warna merah yang membangkitkan rasa lapar. Lawar pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, saat ini telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan bahkan hotel-hotel berbintang di Bali

Rujak Cingur
Spoiler for Rujak Cingur:

[imagetag]

Sudah terlihat jelas belum bentuknya ya, hidung apa tuh , bahan di atas adalah bahan dari rujak cingur, makanan khas kota surabaya. Cingur adalah sejenis *Forbidden* dari bagian hidung dan mulut sapi. Rujak cingur sangat enak memakai sambal petis dengan kacang tanah.

Soup Ceker Ayam
Spoiler for Soup Ceker Ayam:

[imagetag]

Kalau ini bahan dasarnya, kaki ayam, alias ceker. Gizi dan protein dari ceker ayam ini sangat tinggi.

Rempeyek Laron
Spoiler for Rempeyek Laron:

[imagetag]

Pernah tahu hewan yang terbang setelah hujan keluar, biasanya kita temui dekat lampu depan rumah. Namanya laron, hasil metamorfosis perubahan dari rayap kayu yang keluar setelah hujan. Oleh para penduduk, dijadikan bahan rempeyek

Kelelawar Goreng Bumbu
Spoiler for Kelelawar Goreng Bumbu:

[imagetag]

Kelelawar goreng bumbu kecap sambal pedas, merupakan masakan khas dari manado. Mungkin di daerah lain juga ada tapi dengan bahan kelelawar buah atau codhot.

Ulat Sagu
Spoiler for Ulat Sagu:

[imagetag]

Ulat sagu bisa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati ada juga di pohon kelapa yang telah mati. Sebenarnya ulat sagu merupakan perubahan sebelum menjadi kumbang. Biasanya langsung dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat, khas dari papua atau NTB.

Tokek goreng
Spoiler for Tokek goreng:

[imagetag]

Digunakan sebagai jamu untuk masalah penyakit kulit. Tokek bisa kita temui hidup di rumah-rumah, ada juga yang ditangkarkan.
Tikus Panggang
Spoiler for Tikus Panggang:

[imagetag]

Wah, ini tikus panggang namanya, asli dari manado punya. Ada yang sudah coba gan?!?


gogoklik 03 Mar, 2012

0 komentar on Makanan Khas Indonesia Paling "Aneh" :

Posting Komentar