Lobang raksasa ini bisa menyerap ribuan liter air !!



[imagetag]

Pada pandangan pertama, anda mungkin akan berpikir ada sesuatu yang mengerikan sedang terjadi pusaan air yang mengalir ke dimensi lain. atau layaknya pintu menuju dunia bawah laut yang mengagumkan.

Apa yang anda bayangkan sebenarnya adalah sebuah metode lubang raksasa di air sebenarnya untuk mengendalikan pelepasan aliran air dari bendungan atau tanggul ke daerah hilir. Lubang ini dikenal dengan sebutan Bell Mouth Spillway.
Bell Mouth Spillway


Bell Mouth Spillway adalah lubang air raksasa untuk mencegah dam supaya tidak rusak atau hancur oleh tekanan air berlebihan (jika air terlalu banyak di dalam dam, maka tekanan yang dihasilkannya semakin besar, sehingga bisa menghancurkan tanggul).

[imagetag]

[imagetag]


Bell Mouth Spillway dirancang seperti lonceng terbalik, sehingga air bisa masuk dengan mudah apabila ketinggian air pada bendungan sudah mencapai batas yang ditentukan. Pada bibir Spillway juga dilengkapi dengan system ice-breaker yang berfungsi untuk mengahancurkan air yang membeku agar tidak mengganggu aliran air yang masuk.


[imagetag]


[imagetag]


Kedalaman Bell-Mouth Spillways bisa mencapai 400 meter dengan diameter bibir Spillways mencapai 22 meter.
Jadi intinya lubang raksasa ini adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk mencegah banjir yang disebabkan oleh bendungan.



gogoklik 04 Mar, 2012

0 komentar on Lobang raksasa ini bisa menyerap ribuan liter air !! :

Posting Komentar