Kumbang Tomcat Juga Bermanfaat

[imagetag] http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/81/Paederus_littoralis01.jpg

Kumbang Tomcat yang akhir-akhir ditakuti oleh masyarakat karena racunnya, ternyata menyimpan sejumlah manfaat. Apa saja?

Tomcat sesungguhnya adalah sahabat para petani karena termasuk jenis Paederus yang berguna untuk mengusir hama seperti wereng. Wereng merupakan mangsa bagi serangga Tomcat.

Warga juga diharapkan agar tidak panik menghadapi serangan Tomcat ini karena racunnya tidak mematikan. Wabah Tomcat itu hanya merupakan tindakan mempertahankan diri dari ancaman musuh. Tomcat sebenarnya tidak bermusuhan dengan manusia.

[imagetag] http://www.insektenbox.de/kaefer/norm/paedlit.jpg

Serangga Tomcat di Indonesia banyak dikenal sebagai 'Semut Semai' atau 'Kumbang Rove'. Serangga 'Tomcat' biasanya berada tinggal di pohon bakau atau mangrove.

Tomcat juga masuk ke dalam keluarga serangga kumbang Staphylinidae, yang mana terbagi menjadi empat jenis yakni Ocypus sp., Tachyporus Obtusus, Ocypus Olens dan Paederus Littoralis.

Tomcat memiliki warna tubuh kuning gelap bergaris hijau dan kepala berwarna gelap. Tubuhnya bersayap meski kadang-kadang merayap. Meski kumbang Tomcat tidak menggigit atau menyengat, kumbang tersebut dapat mengeluarkan toksin atau racun bila bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung.

[imagetag] http://farm1.static.flickr.com/191/477462837_19e29d8da8.jpg



ZEE 22 Mar, 2012

0 komentar on Kumbang Tomcat Juga Bermanfaat :

Posting Komentar