Konsumsi Apel Dikaitkan Dengan Risiko Diabetes yang Rendah

[imagetag] http://www.berita.manadotoday.com/wp-content/uploads/2012/03/makan-apel.jpg

Makan lebih banyak buah seperti Apel, Blueberry dan Pir dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena diabetes, menurut sebuah studi baru di Amerika Serikat (AS).
Buah-buahan tersebut banyak mengandung flavonoid, yaitu senyawa alami yang ada di buah-buahan tertentu, sayuran dan biji-bijian, yang beberapa penelitian telah mengkaitkannya dengan manfaat kesehatan seperti rendahnya risiko penyakit jantung atau kanker.
"Orang yang makan jumlah apel dan blueberry yang lebih tinggi, cenderung memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2," kata An Pan, seorang peneliti di Harvard School of Public Health yang melakukan studi tersebut.
Namun Pan menegaskan bahwa temuan tersebut hanya menunjukkan adanya suatu hubungan, dan belum membuktikan buah-buahan itu sendiri dapat mencegah diabetes.
Peneltian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, berhubungan dengan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal yang sama tahun lalu, yang mengkaitkan buah-buahan kaya flavonoid dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi.
Menurut American Diabetes Association, sekitar 26 juta orang Amerika menderita penyakit itu. Ini disebabkan oleh cacat dalam kemampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin, suatu hormon yang mengubah glukosa dalam darah menjadi energi.
Diabetes tipe 2 biasanya dapat dikontrol dengan olahraga dan perubahan pola makan dan tanpa menggunakan insulin.
Dalam sebuah studi baru yang didanai oleh Institut Kesehatan Nasional AS, para peneliti melacak pola diet dari sekitar 200.000 pria dan wanita.
Para peserta, mengisi angket biasa tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan tertentu dan minuman dengan ukuran porsi standar.
Sejak awal, tidak ada diantara mereka yang menderita diabetes, namun 12.600 peserta didiagnosis menderita diabetes selama periode penelitian.

Tim dari An Pan menemukan bahwa para pecinta blueberry memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah itu. Sementara itu, orang yang makan lima atau lebih apel dalam seminggu juga memiliki risiko 23 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apel.

"Kami menemukan hasil yang konsisten di tiga kelompok penelitian, bahwa apel dan blueberry bermanfaat untuk diabetes tipe 2," kata Pan kepada Reuters.

[imagetag] http://colonbase.com/wp-content/uploads/woman_eating_pear.jpg

[imagetag] http://cdn.sheknows.com/articles/woman-eating-blueberries.jpg


ZEE 18 Mar, 2012

0 komentar on Konsumsi Apel Dikaitkan Dengan Risiko Diabetes yang Rendah :

Posting Komentar