Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Cepat Tua


[imagetag] http://albertjoko.files.wordpress.com/2008/02/nenek_renta.jpg


Setiap hari orang tentu akan mengalami pertambahan usia yang membuat raut wajahnya bertambah tua. Namun beberapa kebiasaan dapat membuat wajah seseorang jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Apa saja?

Banyak orang yang mencoba berbagai produk anti penuaan agar selalu tampak muda. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan gaya hidup dapat mempercepat proses penuaan.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda lebih cepat tua, seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (28/3/2012):

1. Membiarkan stres
Untuk menjadi muda, Anda perlu merasa muda. Tapi penghalang terbesar untuk pikiran awet muda adalah stres. Stres dapat menyebabkan penurunan kognitif yang serius. Sangat penting untuk mencoba mengatasi stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga dan olahraga secara teratur.

2. Tak tidur nyenyak
Tak hanya mengistirahatkan otot, saat tidur tubuh mengalami perbaikan dan detoksifikasi (mengeluarkan racun). Tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas (kekebalan tubuh). Oleh karena itulah, orang yang kurang tidur bisa tampak lebih cepat tua.

3. Merokok
Semua orang tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit mengancam nyawa yang melibatkan jantung dan paru-paru. Tak hanya itu, merokok juga melepaskan enzim tertentu yang tidak menguntungkan dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi elastisitas kulit dan menimbulkan keriput.

4. Diet ketat
Untuk mendapatkan tubuh langsing dan ramping adalah impian semua orang, terutama kaum hawa. Namun melakukan diet ketat adalah ide yang buruk. Diet ketat akan menghalangi tubuh mendapatkan nutrisi penting dan dapat menjadi ancaman kesehatan yang serius dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, penuaan kulit akan menyesuaikan diri dengan penurunan berat badan drastis, garis-garis halus dan kerutan pun mudah datang. Meskipun, penurunan berat badan sangat penting seiring pertambahan usia, menjaga tingkat moderat berat badan sangat dianjurkan.

Selain itu, hidup berpindah-pindah dan beralih ke diet yang tidak sehat bisa menjadi beberapa kebiasaan lain yang membuat Anda lebih cepat tua. Menjalani kehidupan yang aktif, seimbang dan bahagia adalah kunci membuat tubuh awet muda.


[imagetag] http://i35.tinypic.com/2nbwn03.jpg


UNIC 29 Mar, 2012

0 komentar on Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Cepat Tua :

Posting Komentar