Hati-Hati Jajan Gorengan, Ada Yang Digoreng Pakai Lilin!

[imagetag]

Buat yang suka jajan, Hati-Hati Jajan Gorengan, Ada Yang Digoreng Pakai Lilin! maksud dari pada ada yang digoreng pakai lilin disini bukan gorengnya tak menggunakan kompor dan memakai nyala api dari lilin gitu tapi maksudnya adalah digorengnya itu pakai minyak yang sudah dicampur dengan lilin. Ceritanya: Suatu hari disuatu ketika aku lagi nonton tv, ya yang namanya tv pasti acaranya macem-macem, termasuk acara yang meniliti ini itu dengan kamera tersembuyi itu loh.

Nah kebetulan acara pada waktu itu menyelidiki soal makanan gorengan seperti pisang molen, onde-onde dan teman-temannya yang ternyata ada pedagang nakal yang memasukan sejumlah lilin pada minyak yang dipakai untuk menggoreng molen dan onde-onde. Jadi minyak yang mau dipakai untuk goreng dipanasin, terus lilin dimasukin, setelah lilin leleh dalam minyak panas itu terus kemudian barulah dipakai untuk goreng. Selain pakai lilin konon ada juga yang memasukan plastik pada minyak.

Lalu apa maksudnya memasukan lilin atau plastik kedalam minyak itu? konon agar minyaknya lebih irit dan hasil gorengannya lebih bersih. Selain itu ada juga yang memakai borak, nah kalo borak itu katanya bisa bikin gorengan jadi empuk dan renyah. Lalu gimana cara membedakan pisang molen dan onde-onde yang pakai atau tidak pakai lilin dalam proses menggorengnya? Cirinya kurang lebih sebagai berikut:
Ciri-ciri onde-onde yang tanpa lilin: bentuk tidak bulat penuh, lebih lembut, tidak keras.
Ciri-ciri pisang molen yang tanpa lilin: kulit lebih banyak berminyak, dan jika dibelah akan sedikit hancur atau lebih banyak rempah-rempah yang ditinggalkan.

Konon meski lilin atau plastik itu bisa leleh dan membaur dengan minyak tapi tetap saja zatnya tidak bisa hilang dan tidak bisa diserap oleh tubuh. Dampak langsung yang biasa dirasakan adalah radang tenggorokan. Sebenarnya aku males nonton gitu-gituan karena bikin ngeri sendiri tapi ya mau gimana lagi, aku terlanjur nonton jadi ya biar aku galaunya gak sendirian jadi ya diketik saja deh, biar yang baca juga ikut galau atas pisang molen atau onde-onde. Masih ada satu lagi yang bikin galau, ya gak jauh-jauh dari makanan yaitu roti tapi diketiknya lain kali saja deh biar kesannya postingan dalam blog ini beraneka ragam gitu deh.

Oke, hati-hati kalo jajan pisang molen dan onde-ondenya ya, jangan lupa cuci tangan sebelum makan plus berdo'a dan cuci kaki sebelum tidur! apa hubungannya? tidak bermaksud untuk menghubung-hubungkan, bila terpaksa silakan dihubungkan sendiri-sendiri.

sumber

Media Publix 22 Mar, 2012

0 komentar on Hati-Hati Jajan Gorengan, Ada Yang Digoreng Pakai Lilin! :

Posting Komentar