Cara Mempercepat Kerja Windows 7 dengan Hibernate

Cara Mempercepat Kerja Windows 7 dengan Hibernate - Saat ini banyak komputer atau laptop yang sudah terintegrasi dengan windows terbaru dari Microsoft yaitu Windows 7. Keunggulan yang paling kentara dari 7 ini dibanding XP yaitu tampilannya yang lebih fresh dan segar. Namun karena itulah menjadikan berat (kekurangan 7 dibanding XP : butuh specs komputer tinggi dan banyak makan memory). Berikut specs minimal (paling tidak) untuk mau menjalankan Windows 7:

1. Processor 2 GHz DualCore
2. RAM DDRII 1 GB
3. Harddisk 20 GB

Namun disini akan dishare cara mengoptimalkan kerja windows 7 :

1. Hapus Program Yang Tidak Penting
Perhatikan program yang tidak penting atau yang tidak pernah dipakai yang terinstall dalam PC atau Laptop agan, jangan hanya agar kelihatan komplet maka semua software yang dikiranya bagus akan diinstal.

klik [Start] klik [Control Panel] klik [Uninstall a Program] hapus program.

2. Backup Font Yang Tidak Digunakan

Font/Huruf yang terinstall di PC atau Laptop umumnya mencapai angka ribuan. Pertanyaannya, berapa persen sih yang sering digunakan? Kecuali sering bermain di aplikasi design grafis, apabila tidak pernah menggunakan sisi grafis. Semua font tersebut akan ter-load oleh Windows 7. Pindahkan/Backup font-font tersebut (yang tidak terpakai), dengan cara :

dari [Control Panel] klik [Appearance and Personalization] pilih [Fonts] buat folder baru untuk backup font yang tidak terpakai, pindahkan font yang tidak terpakai pada folder backup.

3. Buang Data Yang Tidak Penting

Data yang tersimpan dalam PC atau Laptop membutuhkan ruang harddsik, sebaiknya semua data-data yang menurut agan rasa ga penting di hapus saja. Karena data-data yang memenuhi harddisk bisa membuat kinerja PC atau Laptop agan menjadi lambat. Jangan lupa buang juga data-data yang berada pada kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser. Periksa dulu sisa ruang harddisk agan dengan cara :

klik [My Computer] pada drive yang akan diperiksa klik kanan dan pilih [Properties] (Used Space/Ruang Yang Terpakai dan Free Space/Yang Masih Kosong atau sisa Ruang Kosong).

4. Periksa Virus pada PC atau Laptop

Virus juga merupakan salah satu penghambat kecepatan komputer karena virus biasanya dipanggil pada saat booting dan tinggal di memory. Bahkan beberapa virus sengaja memenuhi memory dan memperlambat kerja PC atau Laptop. Oleh karena itu disarankan utnuk terus selalu menggunakan antivirus yang terkenal dan selalu update.

5. NonAktifkan System Index Search

Proses Index oleh Windows 7 bekerja setiap waktu dan memakai sejumlah memori. Terlebih lagi, proses ini membutuhkan space tersendiri di harddisk untuk menyimpan file yang terindeks. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Maka nonaktifkan proses index agar performa Windows 7 agan menjadi lebih baik, dengan cara :

klik [Start] pada kotak [Search] ketik [Services.msc] tekan [Enter] cari [Windows Search] dan pilih [Stop] atau [Disable].

6. Percepat Proses Shutdown
Windows 7 dalam proses shutdown memang sudah cukup cepat, tapi ga ada salahnya jika kita menghendaki yang lebih cepat lagi dari fitur bawaanya, caranya adalah,

klik [Start] ketik [Regedit] pada kotak [Search] tekan [Enter] lalu cari dan buka [HKEY-LOCAL_MACHINE] [SYSTEM] [CurrentControlSet] [Control] bagian kanan klik kanan pada [WaitToKillServiceTimeOut] pilih [Modify] kemudian ubah nilai defaultnya menjadi lebih kecil untuk mempercepat. Klik [OK]

7. Kurangi Service Yang Tidak Diperlukan

Me-nonaktifkan service yang tidak diperlukan dapat meningkatkan kecepatan booting system PC atau Laptop. Berikut diantaranya beberapa service yang saya rasa anda perlu menon-aktifkannya, karena sangat berpengaruh pada kecepatan PC atau Laptop agan, diantaranya :

Application Experience;
Diagnostic Policy Service;
Distributed Link Tracking Client;
IP Helper;
Offline Files;
Portable Device Enumerator Service;
Protected Storage;
Secondary Logon;
Security Center;
Tablet PC Input Service;
TCP/IP NetBIOS Helper;
Windows Error Reporting Service;
Windows Media Center Service Launcher.
Langkahnya untuk menon-aktifkan Service tersebut,

klik [Start] ketik [Services] pada kotak [Search] klik kanan pada Service yang ingin agan ubah statusnya, pilih [Properties] pada startup type tentukan yang agan mau, pilihan diantaranya : [Automatic (Delayed Start)] – [Automatic] – [Manual] – [Disable]. Klik [OK] lalu [Restart] PC atau Laptop.
Sumbe
r


0 komentar on Cara Mempercepat Kerja Windows 7 dengan Hibernate :

Posting Komentar