9 Rahasia Yang Jarang Diketahui untuk Hidup Diatas 90 tahun

[imagetag]Pada conferensi TED tahun lalu, Dan Buettnerr, penyusun The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People Who've Lived the Longest, menekankan bahwa tubuh manusia dapat bertahan sampai 90 tahun atau lebih, 12 tahun lebih daripada rata-rata umur manusia yakni 78 tahun.

Ada beberapa rahasia untuk hidup lebih panjang. Beberapa ilmuwan yang telah mempelajari orang-orang yang hidup paling lama menemukan suatu pola yang sama. Berikut adalah 9 rahasia yang dapat menolong Anda untuk dapat hidup melebihi 90 tahun

1. Genetik
Salah satu faktor yang menentukan panjangnya umur Anda adalah gen Anda sendiri. Meskipun faktor non-genetic ikut terlibat dalam umur yang panjang, kehadiran gen tertentu memungkinkan kesempatan untuk hidup lebih lama akan meningkat. Telah ditemukan bahwa saudara-saudara dari centenarian (centenarian: orang yang hidupnya lebih dari 100 tahun) memiliki kesempatan hidup diatas umur 90, empat kali lebih banyak daripada orang biasa.

Meskipun genetik dapat menolong hidup lebih lama, namun hal ini bukan segalanya. Ilmuwan percaya bahwa untuk hidup lebih lama, lebih ditentukan dari faktor non-genetic daripada faktor genetik. Jadi untuk yang tidak punya saudara yang hidupnya panjang, tidak berarti bahwa Anda juga tidak berumur panjang. Tetaplah jaga hidup sehat.

2. Memakan Kalori Lebih Sedikit
Makan terlalu banyak akan membuat berat badan Anda cenderung naik, hal ini akan berdampak pada tekanan pada jantung, apalagi jika sampai arteri tersumbat, sampai terkena serangan jantung. Jika dapat memotong jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh, maka lakukanlah. Riset dari International Longevity Center menemukan bahwa hewan yang diberi makan kalori yang lebih sedikit, hidup lebih lama 40% daripada hewan yang diberi makan kalori yang banyak.

JAMA menyarankan kita untuk memakan kalori 25% lebih sedikit daripada yang kita konsumsi sekarang, jika ingin mempunyai kesempatan hidup diatas 90 tahun. Pertimbangkan makanan yang Anda makan

3. Memakan Buah dan Sayuran yang Berwarna warni
Kuantitas sayuran dan buah-buahan yang Anda makan tidaklah lebih berpengaruh terhadap hidup Anda dibandingkan macam sayur dan buah-buahan yang Anda makan. Sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah adalah yang terbaik untuk dikonsumsi karena memiliki lebih banyak anti oksidan. Anti oksidan ini adalah nutrisi yang melindungi sel-sel tubuh Anda dari berbagai zat berbahaya. Buah-buahan ini misalnya Apel merah, anggur, blueberyy, dan sayur-sayuran misalnya broccoli, bayam dll.

Targetkan paling tidak 5 jenis buah dan 5 jenis sayuran dalam makanan Anda sehari-hari. Mengganti daging di hidangan utama dengan sayur dapat dijadikan langkah pertama yang bagus. Dark Chocolate dan anggur merah, jika dipertimbangkan, juga bagus untuk umur dan otak.

4. Relaksasi
Jika Anda ingin menjadi sehat, maka berolahragalah untuk menjadikan tulang dan otot Anda sehat dan bertahan lebih lama. Namun olahraga tanpa diimbangi makan dan relaksasi yang sehat tentu saja tidak bagus. Sehingga sisihkan waktu Anda untuk berelaksasi. Relaksasi ini tidak hanya sekedar duduk diam, namun harus diimbangi denga pelepasan stress. Thomas Perls menekankan bahwa meditasi dan berdoa adalah dua jalan yang dapat menolong Anda melepaskan stress, stress ini sendiri berkontribusi dalam pengurangan efisiensi imunitas sejalan dengan umur Anda. Sisihkan waktu luang untuk relaks, dan biarkan stress keluar.

5. Tidur yang Cukup
Masalah tidur dapat menyebabkan dementia dan berbagai masalah lain. Tidur yang cukup sangat vital terhadap umur Anda. Yang menarik dalam hal ini adalah orang yang lebih tua akan lebih membutuhkan waktu tidur lebih banyak daripada tidur yang berkualitas. Orang-orang yang lebih muda akan bergantung pada kualitas tidur. Tidak perlu tidur terus-terusan dalam waktu yang lama jika Anda mulai berumur, tapi paling tidak sisihkan 7-9 jam sehari untuk tidur ketika Anda mulai tua. Jika Anda punya waktu luang, Anda dapat tidur sebentar di siang-sore hari dan melanjutkan tidur saat malam.

6. Belajar Sesuatu yang Baru
Tidak perlu ke sekolah untuk belajar sesuatu yang baru. Anda dapat belajar setiap hari. Uniknya hal ini ikut berpengaruh dalam umur Anda, jadi kembangkan hobi baru Anda. Mencoba bermain catur, melukis, menari, bermain musik, ataupun belajar bahasa yang belum Anda kuasai dapat menjadi pilihan Anda. Mereka yang banyak membaca, dan mencari cara untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka dapat mengembangkan sel otak dan membuat koneksi diantara neuron-neuron yang ada. Dan belajar sesuatu yang baru adalah cara yang bagus untuk menikmati hidup dan membantu melepaskan stress.

7. Temukan Tujuan Hidup
Orang yang mempunyai tujuan hidup mempunyai kesempatan untuk hidup lebih lama. Terdapat kejadian-kejadian dimana orang yang mempunyai keinginan untuk mencapai tujuan akan lebih terhindar dari stroke dan serangan jantung daripada orang yang merasa tidak berguna. Pertimbangkan apa yang bisa Anda lakukan.

Berpikirlah mengenai aktifitas yang berarti yang dapat Anda ikuti. Charity work, volunteerism, masuk komunitas, interaksi dengan keluarga dan teman-teman dapat menjadi pilihan. Penetapan tujuan dan prestasi (atau bekerja untuk mencapai prestasi) dapat membantu Anda merasa lebih baik. Ketika Anda mempunyai alasan untuk hidup, maka Anda akan mempunyai kesempatan hidup lebih lama.

8. Optimisme
Sikap yang baik dapat berefek jangka panjang terhadap lama kehidupan. Riset dari University of Texas memperlihatkan bahwa sikap positif ternyata memperlambat proses penuaan. Ketika Anda berusaha untuk memperbaiki penampilan Anda, keseimbangan kimiawi di dalam tubuh berubah menjadi lebih baik. Sebagai tambahan, optimisme dapat membantu melepaskan stress dan membuat Anda merasa lebih baik.

Berusaha untuk melihat sisi baik dapat memperbaiki penampilan Anda. Adalah merupakan ide bagus, membiarkan stereotype negatif tentang penuaan. Sebuah study dari North Carolina State University menemukan bahwa senior yang mempunyai stereotype negatif tentang penuaan mempunyai performa lebih buruk di test ingatan daripada yang mempunyai stereotype positif tentang penuaan.

9. Kehidupan Sosial
Mempunyai kehidupan yang sosial dapat menolong Anda untuk hidup lebih lama. Ketika Anda berinteraksi dengan teman dan keluarga, Anda dapat menikmati kepuasan yang lebih besar dengan hidup Anda, dan meningkatkan kesempatan untuk hidup sampai umur 90 atau lebih.

Menjadi lebih aktif dalam kegiatan sosial keagamaan, bergabung dengan book-club, sesekali makan malam bersama teman-teman Anda dapat menjadi pilihan Anda. Kegiatan keluarga juga merupakan jalan yang bagus untuk berinteraksi dengan orang lain dan hidup lebih lama. Bahkan media interaksi sosial online mempunyai hasil yang positif. Kuncinya adalah mengembangkan dan menjaga hibungan jangka panjang.

www.menjelma.com 21 Mar, 2012

0 komentar on 9 Rahasia Yang Jarang Diketahui untuk Hidup Diatas 90 tahun :

Posting Komentar