10 kota di malam hari dilihat dari luar angkasa(nice pic)



Aktivitas favorit para astronot dan kosmonot kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah melihat lampu-lampu kota di bawah ini ketika melintasi Stasiun sisi gelap bumi. Lampu garis pusat populasi terpadat dan garis pantai, dan membentuk sebuah pola-pola budaya.
Dari perspektif geografis, kota-kota di malam hari memberikan cerita yang berbeda tentang suatu wilayah.
Spoiler for 1. Tokyo, Japan:
[imagetag]

Kota-kota dari berbagai daerah di bumi juga diidentifikasi oleh perbedaan dalam lampu malam hari mereka. Cahaya kota di Jepang memiliki warna biru-hijau terang daripada daerah lain di dunia. Perkembangan yang lebih baru di sepanjang pantai Teluk Tokyo ditandai oleh lampu uap natrium oranye, sedangkan sebagian besar wilayah perkotaan memiliki lampu uap merkuri lampu hijau.


Spoiler for 2. Seoul, Korea:
[imagetag]

Foto ini menggambarkan daerah perkotaan di Seoul pada malam hari. Jalan raya utama dan alur sungai (seperti sungai Han) yang jelas digariskan oleh lampu jalan, sedangkan lampu terang menunjukkan inti kota pusat kota (di tengah gambar) dan kompleks industri besar. Satu kompleks terletak di ujung kiri gambar dan menduduki sebuah pulau di Laut Kuning. Daerah yang gelap pada gambar adalah gunung-gunung atau daerah berair. Gambar malam hari telah digunakan secara luas di perkotaan dan penelitian iklim pertumbuhan perkotaan untuk memetakan tingkat daerah perkotaan (terang) versus pedesaan (gelap).


Spoiler for 3. London, Inggris:
[imagetag]

Pandangan malam hari di ibukota Inggris menawarkan pesona yang unik ke dalam kepadatan perkotaan dan infrastruktur seperti disorot oleh lampu listrik. Daerah terang di tafsirkan sebagai yang paling padat, kepadatan penduduk dilihat dari pusat perkotaan yang terang hingga mencapai sekitar satu Orbital.


Spoiler for 4.Chicago, Illinois:
[imagetag]

Chicago, Illinois adalah rumah bagi sekitar tiga juta orang, namun di wilayah metropolitan yang lebih luas meliputi hampir 10 juta orang. Di malam hari, di wilayah kawasan 10 juta orang itu tidak dapat dilihat. Gambar ini diambil pada tanggal 7 Oktober 2003, dengan lensa 50 mm.


Spoiler for 5. US/Mexico Border:
[imagetag]

Perbatasan seperti kota-kota di Ciudad Juarez, Meksiko, dan El Paso, Texas, menggambarkan sisi yang berbeda pola kota sisi sama lain, menunjukkan pengaruh budaya terhadap perkembangan dan pertumbuhan kota-kota dan infrastruktur. Ciudad Juarez, berpenduduk setidaknya 1.300.000 orang. Di sisi AS Rio Grande, El Paso ditandai dengan terang di Interstate Highway I-10 yang memotong kota. Meskipun wilayah El Paso, dengan perkiraan populasi sedikit lebih dari 600.000 secara kasar atas daerah Ciudad Juarez, kepadatan permukiman ini dibuktikan dengan distribusi lampu yang jauh lebih keci


Spoiler for 6.Jeddah dan Mekah, Arab Saudi:
[imagetag]

Pertumbuhan yang pesat di Jeddah dan Mekkah, Arab Saudi dapat dipetakan dari pola pencahayaan, dan jalan yang menghubungkan Jeddah dan Mekah terdiri dari cahaya cerah di sekitar padang pasir yang gelap.


Spoiler for 7.Long Beach, California:
[imagetag]

Cahaya uap natrium Orange menerangi fasilitas pelabuhan Long Beach, California, menerangi beroperasinya pelabuhan ini siang-malam, pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan kargo komersial tersibuk di dunia. Gambar ini diambil pada tanggal 4 Februari 2008, dengan menggunakan lensa 400 mm, memberikan resolusi yang superior.


Spoiler for 8.Antwerp, Belgia:
[imagetag]

Dari perspektif geografis, kota-kota di malam hari menyajikan cerita yang berbeda tentang suatu wilayah. Lampu-lampu kota memberikan batas-batas tajam yang menunjukan konsentrasi terpadat populasi, karakteristik yang telah digunakan untuk menilai pengaruh urbanisasi terhadap ekosistem bumi. Rincian meningkat dari lampu-lampu kota yang tersedia dari fotografi astronot dapat membantu memperbaiki batas-batas perkotaan didefinisikan dari data satelit.


Spoiler for 9.Sao Paulo, Brasil:
[imagetag]

Gambar ini menunjukkan jejak kota Sao Paulo terbentuk dari Sao Paulo, Brazil, kota terbesar di Amerika Selatan dengan sekitar 17 juta orang. Warna-warna berbeda (pink, putih, dan abu-abu) mendefinisikan jenis dan generasi lampu jalan. Pelabuhan Santos, di sisi kanan foto itu, juga dijelaskan oleh lampu.


Spoiler for 10.Montreal, Kanada:
[imagetag]

Bumi telah menjadi planet perkotaan. Ketika semakin banyak orang pindah ke kota-kota, dan daerah-daerah pedesaan dan pinggiran kota sekitarnya semakin dikembangkan, pola lampu di kota-kota di seluruh dunia akan berubah. Jejak2 Individu kota akan menyatu menjadi gumpalan terang yang lebih besar. Jalan lainnya akan menghubungkan kota-kota untuk membentuk sebuah jaringan, diterangi renda seperti pada bagian-bagian dari benua. Foto-foto astronot di malam hari dari masa mendatang akan mendokumentasikan perubahan-perubahan, memberikan ilustrasi dramatis untuk melanjutkan cerita jejak kaki manusia di Bumi.


gogoklik 17 Mar, 2012

0 komentar on 10 kota di malam hari dilihat dari luar angkasa(nice pic) :

Posting Komentar