10 Kejadian Yang Heboh di Twitter

[imagetag]

Situs mikroblogging Twitter kerap menjadi media pertama yang dipakai untuk menyebarkan kejadian penting. Ia juga menjadi media yang terkadang suka membocorkan hal-hal yang tidak diketahui umum.

Nah, apa saja 10 kejadian besar dunia yang melibatkan Twitter dalam penyampaian informasi? Berikut kejadian-kejadian tersebut yang dilansir dari ComputerWeekly:

1. Kerusuhan London
Kerusuhan London beberapa waktu lalu melatarbelakangi pembuatan akun @RiotCleanUp_UK_. Akun ini juga mempelopori hashtag #riotcleanup. Ia menjadi trending topic dan hal ini menjadi bukti bahwa Twitter juga bisa menjadi alat kampanye.

2. Jatuhnya Pesawat US Airways
Pada Januari 2009, pesawat US Airways jatuh di sungai Hudson. Berita ini pertama kali disiarkan oleh penumpang pesawat, Janis Krum yang menyebarkan foto kejadian melalui TwitPic. Foto ini akhirnya menjadi santapan masyarakat dan media-media.

3. Tweet Presidensial Pertama Obama
Presiden AS Barack Obama adalah politisi pertama yang memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat politik untuk berinteraksi dengan masyarakat. Usai dinobatkan jadi presiden, ia mengirimkan tweet "Kita telah membuat sejarah. Semua ini terjadi karena kalian memberikan waktu, bakat dan passion. terima kasih".

4. Gempa Bumi China
Twitter dipakai untuk menyebarkan informasi saat terjadi gempa bumi pada Mei 2008 di China. Twitter juga dipakai untuk membantu mencari korban yang selamat dan menggalang simpati.

5. Kematian Michael Jackson
Kejadian meninggalnya Jacko sempat mendominasi trending topic di Twitter dan trafik yang disebabkan karenanya. Hal ini bahksan sampai memaksa Twitter menghapus layanan pencariannya agar situsnya tidak crash.

6. Skandal Ryan Giggs
Sebuah akun bernama @InjunctionSuper membocorkan nama tokoh yang terlibat skandal dengan pemain Manchester United, Ryan Giggs. Akibatnya bahkan sampai merembet ke sejumlah politikus senior yang dipanggil ke meja hijau.

7. Kematian Osama Bin Laden
Berita kematian pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden pertama kali menyebar di Twitter. Kejadian ini terjadi pada Mei 2011.

8. Temuan NASA di Mars
Pada Juni 2008, NASA menemukan es di Mars dan mereka memakai Twitter untuk menyebarkan informasi tersebut pertama kalinya.

9. Skandal Perusahaan Tambang Trafigura
Oktober 2009, perusahaan yang berlokasi di Amsterdam ini bermasalah dengan koran The Guardian karena menerbitkan artikel mengenai skandal Trafigura. Seorang aktivis hak asasi manusia, Richard Wilson menemukan informasi penting di balik kasus ini dan membawanya ke Twitter yang membuat artis-artis ikut turun tangan.

10. TwitchHiking
Seorang petualang bernama Paul Smith mendemonstrasikan bahwa Twitter memiliki kemampuan sebagai alat komunikasi global. Ia nekat melakukan perjalanan dari Inggris ke Stewart Island di New Zealand selama 30 hari hanya dengan mengandalkan bantuan dari 11.000 followernya.

CNN.

0 komentar on 10 Kejadian Yang Heboh di Twitter :

Posting Komentar