10 Jenis REPTIL Yang LAYAK Dipelihara Di Rumah ..

Mungkin diantara kita senang memelihara binatang yang eksotis dan tidak biasa dipelihara oleh orang lain, seperti Ular, Iguana, Singa dll. Memelihara Binatang seperti diatas diperlukan keberanian dan pengetahuan yang sesuai agar tidak salah pelihara. Nah sekarang saya akan tunjukan binatang reptil yang layak untuk dipelihara dirumah, apa saja..??


1. CORN SNAKE
[imagetag]
Ular Jagung merupakan reptil yang sangat mudah dipelihara, memiliki warna dan pola lurik yang sangat menarik. Ular ini boleh dibilang sangat "eye catching". Kenapa Ular Jagung direkomendasikan untuk dipelihara ? karena jenis ular ini sangat memiliki tabiat yang tenang dan kalem saat diberi makan. Ular Jagung tidak beracun dan memiliki panjang rata2x 1,2-1,8 meter, makanan yang digemari adalah tikus sawah. Oh ya, ular ini dapat bertahan atau dapat berumur hingga 23 tahun.


2. BALL PHYTON / ROYAL PHYTON

[imagetag]

Ular ini bisa juga dibesarkan di dalam penangkaran, kalau dilihat namanya phyton pasti dibenak juragan semua ular ini pasti sangat besar !!! Tidak benar !! ular ini tergolong kecil dengan ukuran panjang antara 90-120 cm. Jika Ular ini merasa terancam atau stress, maka dia segera meringkuk dan melingkar seperti bola. Ular ini dalam pemeliharaannya sangat membutuhkan penangkaran yang hangat dan bersih. Ball Phyton memakan tikus yang bisa diberikan 1 minggu sekali.


3. LEOPARD GECKO
[imagetag]
Reptil ini menjadi peliharaan favorit dengan ciri kulit yang bergelombang. Memelihara jenis reptil ini sangat mudah dan bisa hidup disituasi apapun. Leopard memliki panjang rata2x 20-28 cm dan berat sekitar 45-65 gram. Makanan yang disukai Leopard adalah jangkrik dan laba-laba. Untuk memelihara reptil ini diperlukan kehati-hatian yang sangat tinggi karena ekor mudah putus walaupun akan tumbuh kembali.


4. BEARDED DRAGON / POGONA
[imagetag]
Reptil ini berasala dari Benua Australia, bisa dikembangbiakan dengan cara ditangkar. Reptil ini sangat lembut dan ramah (tidak galak) memiliki panjang 2 meter dengan warna cokelat dan kuning. Kenapa dinamakan Naga Bearded karena jika jiwanya terancam maka reptil ini maka dilehernya membentuk seperti "jilatan api" mirip seperti naga. Memelihara si "naga" memerlukan ruang yang cukup besar. Pogona adalah sebangsa Omnivora, jadi bisa memakan sayuran dan serangga. Reptil ini bisa hidup samaoi 10 tahun.


5. BLUE TONGUE SKINK
[imagetag]
Reptil yang satu ini mempunyai sifat "easygoing" artinya mudah gaul dan engga takut sama manusia. Mengapa dinamakan "Blue Tongue Skink" karena kadal ini memiliki lidah berwarna biru. Tujuan lidah berwarna biru ini untuk menakut-nakuti penyerangnya. Reptil / kadal ini berasal dari benua Australia, panjang tubuhnya sekitar 17-24 inci. Yang unik adalah kadal lidah biru tidak bertelur tetapi beranak, dan termasuk golongan Omnivora yang memiliki ketahanan hidup hingga 20


6. MONITOR LIZARD
[imagetag]
Ini adalah reptil peliharaan yang terindah. Lizard yang paling umum ditemukan adalah jenis "Monitor Savanah". Kadal ini bisa dipelihara dan dikembangbiakan dirumah. Lizard adalah sebangsa Karnivora yang memakan tikus yang diberikan seminggu 2 kali. Reptil ini tergolong cerdas, maka diperlukan kandang agar dia tidak melarikan diri.


7. CHAMELEON
[imagetag]
Memelihara Reptil pada umumnya , disarankan jika ingin memlihara reptil pastikan juragan mendapatkannya dari PET SHOP atau tempat penangkaran. Mengapa? karena terutama jenis Bunglon ini gampang mengalami stress dimana situasi tidak sama dengan lingkungan sebelumnya maka mengakibatkan kematian bagi si Bunglon. Beda dengan rerptil lainnya, bunglon tidak suka terlalu banyak campur tangan si pemilik. Kemampuan bunglon diantaranya adalah kemampuan dia mengubah warna badannya yang disesuaikan dengan apa yg sedang dia injak. Jenis Bunglon yang layak di pelihara adalah : Veiled Jackson dan Panther.



8. RUSSIAN TORTOISE
[imagetag]
Reptil ini adalah mempunyai sifat pemalu dari jenis kura-kura darat lainnya. Kura-kura Rusia ini memiliki panjang tubuh sekitar 6-10 inci (wah cukup kecil) dengan tempurung berbentuk bulat. Kura-kura ini memakan gulma dan rumput.


9. AFRICAN SULCATA TORTOISE[imagetag]
Kura-Kura Sulcata termasuk jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Taji dikakinya yang menonjol tidak memiliki fungsi sama sekali. Kura-kura ini sangat mudah dipelihara, dan kura-kura ini memiliki berat rata-rata 80kg. Karena cukup besar maka tidak cocok untuk dipelihara didalam rumah maka penangkarannya harus diluar rumah (taman). Kura-kura ini memiliki tingkat hidup lebih lama ketimbang manusia. Sulcata tergolong Herbivora yang memakan buah-buahan dan tidak memakan hewani.



10. RED - EARED SLIDER
[imagetag]
Slider Red-eared adalah kura-kura air tawar dan hewan peliharaan yang menyenangkan. Tapi hati-hati juragan ada beberapa kura-kura membawa bakteri Salmonella. Maka disarankan untuk membeli hewan peliharaan harus mempunyai lisensi standar bebas penyakit menular dari dokter hewan / PET SHOP atau Pusat Penangkaran. Kura-kura ini harus memiliki tempat yang aman dan hangat. Dan untuk memberi makan cukup seminggu 2 atau 3 kali. Reptil ini adalah sejenis Omnivora.






gogoklik 07 Mar, 2012

0 komentar on 10 Jenis REPTIL Yang LAYAK Dipelihara Di Rumah .. :

Posting Komentar